Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Gelombang Elektromagnetik Berdasarkan Energinya

Kompas.com - 20/05/2022, 14:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Ada banyak jenis radiasi gelombang elektromagnetik. Radiasi gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi terbesar adalah sinar gamma.

Untuk memahaminya, berikut adalah urutan gelombang elektromagnetik berdasarkan energinya. Radiasi gelombang elektromagnetik energi yang paling rendah ke energi yang paling tinggi adalah:

  • Radio
  • Gelombang mikro
  • Inframerah
  • Cahaya tampak
  • Ultraviolet
  • Sinar x
  • Sinar gamma

Radio

Dilansir dari UCAR Center for Science Education, gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik dengan energi terendah, panjang gelombang terpendek, juga frekuensi tertinggi. Gelombang radio hanya memiliki energi berkisar joule.

Baca juga: Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang mikro

Gelombang elektromagnetik dengan energi terendah kedua adalah gelombang mikro. Gelombang mikro atau microwave memiliki energi sekitar hingga joule. Artinya, energinya lebih kecil dari inframerah namun lebih besar dari radio.

Energi microwave memang kecil, namun lebih efisien untuk memasak daripada kompor api. Dilansir dari Scientific American, hal tersebut dikarenakan gelombang panas microwave berfokus pada cairan (dalam makanan) dibanding pemanasan udara atau wadah sekitarnya.

Inframerah

Radiasi gelombang elektromagnetik dengan energi ketika terkecil adalah inframerah. Inframerah memiliki energi yang lebih rendah daripada cahaya tampak, yaitu berkisar hingga joule.

Baca juga: Mengapa Manusia Tidak Bisa Melihat Sinar Ultraviolet?

Cahaya tampak

Dilansir dari NASA Science, cahaya tampak adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh manusia.

Cahaya tampak memiliki berbagai panjang gelombang yang membentuk berbagai warna yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

Cahaya tampak seperti ungu, biru, hijau, kuning, oranye, dan merah memiliki energi kisaran hingga joule.

Ultraviolet

Berada di urutan tiga terbesar energi radiasi elektromagnetik adalah ultraviolet. Ultraviolet memiliki energi lebih tingi daripada cahaya tampak yaitu sekitar hingga joule.

Baca juga: Sinar X: Pengertian, Proses, Kecepatan, Manfaat, dan Bahayanya

Sinar x

Radiasi gelombang ultraviolet dengan energi terbesar kedua adalah sinar x. Sinar x memiliki energi yang cukup besar untuk memecah molekul dan menyebabkan kerusakan pada sel hidup yaitu sekitar hingga joule.

Energi yang besar membuat sinar x memiliki daya tembus yang kuat, namun masih aman jika tidak sering digunakan manusia. Oleh karena itu, sinar x digunakan untuk rontgen atau memeriksa kelainan pada tubuh makhluk hidup.

Sinar gamma

Radiasi elektromagnetik dengan energi terbesar adalah sinar gamma. Sinar gamma memiliki energi lebih besar dari joule, membuat sinar gamma sangatlah enerjik.

Energi yang besar menjadikan sinar gamma sebagai radiasi dengan daya tembus terkuat. Dengan energinya yang tinggi, sinar gamma dapat dengan mudah menembus beton dan timah yang tebal.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com