Kompas.com - 20/05/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Ada banyak jenis radiasi gelombang elektromagnetik. Radiasi gelombang elektromagnetik yang mempunyai energi terbesar adalah sinar gamma.

Untuk memahaminya, berikut adalah urutan gelombang elektromagnetik berdasarkan energinya. Radiasi gelombang elektromagnetik energi yang paling rendah ke energi yang paling tinggi adalah:

  • Radio
  • Gelombang mikro
  • Inframerah
  • Cahaya tampak
  • Ultraviolet
  • Sinar x
  • Sinar gamma

Radio

Dilansir dari UCAR Center for Science Education, gelombang radio adalah gelombang elektromagnetik dengan energi terendah, panjang gelombang terpendek, juga frekuensi tertinggi. Gelombang radio hanya memiliki energi berkisar joule.

Baca juga: Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang mikro

Gelombang elektromagnetik dengan energi terendah kedua adalah gelombang mikro. Gelombang mikro atau microwave memiliki energi sekitar hingga joule. Artinya, energinya lebih kecil dari inframerah namun lebih besar dari radio.

Energi microwave memang kecil, namun lebih efisien untuk memasak daripada kompor api. Dilansir dari Scientific American, hal tersebut dikarenakan gelombang panas microwave berfokus pada cairan (dalam makanan) dibanding pemanasan udara atau wadah sekitarnya.

Inframerah

Radiasi gelombang elektromagnetik dengan energi ketika terkecil adalah inframerah. Inframerah memiliki energi yang lebih rendah daripada cahaya tampak, yaitu berkisar hingga joule.

Baca juga: Mengapa Manusia Tidak Bisa Melihat Sinar Ultraviolet?

Cahaya tampak

Dilansir dari NASA Science, cahaya tampak adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat oleh manusia.

Cahaya tampak memiliki berbagai panjang gelombang yang membentuk berbagai warna yang terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

Cahaya tampak seperti ungu, biru, hijau, kuning, oranye, dan merah memiliki energi kisaran hingga joule.

Ultraviolet

Berada di urutan tiga terbesar energi radiasi elektromagnetik adalah ultraviolet. Ultraviolet memiliki energi lebih tingi daripada cahaya tampak yaitu sekitar hingga joule.

Baca juga: Sinar X: Pengertian, Proses, Kecepatan, Manfaat, dan Bahayanya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.