Kompas.com - 25/01/2022, 11:00 WIB
Ilustrasi jenis jurnalistik berdasarkan medianya. Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi jenis jurnalistik berdasarkan medianya.

KOMPAS.com - Berdasarkan medianya, jenis-jenis jurnalistik terbagi menjadi tiga, yaitu jurnalistik cetak, jurnalistik elektronik, dan jurnalistik online (jurnalistik internet).

Ketiga jenis jurnalistik ini memilik karakteristik yang berbeda. Mulai dari kecepatan informasi hingga cara penyajiannya.

Jurnalistik cetak

Dalam buku Journalism Today (2019) karya Andi Fachruddin, jurnalistik cetak adalah jurnalistik yang menggunakan media cetak sebagai sarana penyebaran berita atau informasi.

Jenis jurnalistik ini sering juga disebut printed journalism. Karena informasinya tercetak pada lembaran kertas.

Salah satu kelemahan jurnalistik cetak ialah tidak bisa mengabarkan informasi yang terjadi secara langsung. Karena prosesnya harus didahului dengan penyusunan, pengeditan, dan penerbitan media cetak.

Jurnalistik elektronik

Dilansir dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, jurnalistik elektronik sering juga disebut jurnalistik penyiaran, electronic journalism, atau broadcast journalism.

Baca juga: Media Cetak: Pengertian dan Jenisnya

Berdasarkan medianya, jurnalistik elektronik merupakan penyampaian informasi atau berita lewat media elektronik, seperti radio dan televisi.

Berita yang disampaikan dalam jurnalistik elektronik sering kali merupakan peristiwa terbaru atau yang sedang terjadi. Namun, berita itu hanya bisa ditangkap dan dipahami khalayak dalam satu kali tayangan, karena belum tentu ada pengulangan informasi.

Jurnalistik online

Dikutip dari buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (2018) karya Asep Syamsul M. Romli, jurnalistik online adalah penyampaian informasi lewat media internet, terutama web.

Informasi itu bisa diakses atau dibaca kapan saja dan di mana saja oleh khalayak, asalkan ada perangkat komunikasi yang terhubung dengan internet.

Dalam jurnalistik online, kecepatan informasi menjadi hal yang sangat diutamakan. Saat sebuah peristiwa terjadi, praktik jurnalistik ini mengharuskan jurnalis atau wartawan untuk segera mengabarkan peristiwa tersebut ke masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.