Kompas.com - 24/01/2022, 09:00 WIB
Ilustrasi fungsi komunikasi menurut William I. Gorden, yakni komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, serta komunikasi instrumental. Freepik.com/StoriesIlustrasi fungsi komunikasi menurut William I. Gorden, yakni komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, serta komunikasi instrumental.

KOMPAS.com - Menurut William I. Gorden ada empat fungsi komunikasi, yaitu komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, serta komunikasi instrumental.

Komunikasi menjadi kebutuhan dasar tiap manusia. Ketika berkomunikasi, ada serangkaian fungsi yang dijalankan dari proses komunikasi tersebut.

Tiap ahli komunikasi memiliki pendapatnya masing-masing soal fungsi komunikasi. Contohnya, Scott dan Mitchell yang membagi fungsi komunikasi menjadi fungsi kontrol, motivasi, emosi, serta informasi.

Dalam hal ini, William I. Gorden menjabarkan empat fungsi komunikasi menurutnya, yakni:

Fungsi pertama: komunikasi sosial

Mengutip buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010) karya Deddy Mulyana, fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial berarti komunikasi penting dalam membangun konsep diri, aktualisiasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, menghindari tekanan dan ketegangan, serta memupuk hubungan dengan orang lain.

Melansir buku Ilmu Teknologi dan Komunikasi (2021) karya Hamdan Firmansyah, dkk, pembentukan konsep diri merupakan pandangan kita mengenai siapa diri kita.

Pandangan ini hanya bisa diperoleh lewat informasi dari orang lain. Sementara konsep diri biasanya dipengaruhi oleh keluarga dan orang terdekat, seperti sahabat dan kerabat.

Baca juga: Proses dan Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

Fungsi kedua: komunikasi ekspresif

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi ekspresif tidak semata-mata bertujuan untuk memengaruhi orang lain. Namun, juga dapat dijadikan sarana penyampaian perasaan atau
emosi.

Perasaan tersebut dapat dikomunikasikan lewat bentuk nonverbal. Perasaan atau emosi memang bisa dinyatakan dalam bentuk ucapan atau perkataan (komunikasi verbal), tetapi lebih banyak dinyatakan dalam bentuk nonverbal (gerak-gerik tubuh dan raut wajah).

Fungsi ketiga: komunikasi ritual

Komunikasi ritual sering dilakukan secara kolektif (bersama). Fungsi komunikasi ini berarti proses komunikasi banyak dinyatakan dalam penggunaan kata-kata serta perilaku simbolik.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.