Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungsi Komunikasi Menurut William I. Gorden

Kompas.com - 24/01/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Menurut William I. Gorden ada empat fungsi komunikasi, yaitu komunikasi sosial, komunikasi ekspresif, komunikasi ritual, serta komunikasi instrumental.

Komunikasi menjadi kebutuhan dasar tiap manusia. Ketika berkomunikasi, ada serangkaian fungsi yang dijalankan dari proses komunikasi tersebut.

Tiap ahli komunikasi memiliki pendapatnya masing-masing soal fungsi komunikasi. Contohnya, Scott dan Mitchell yang membagi fungsi komunikasi menjadi fungsi kontrol, motivasi, emosi, serta informasi.

Dalam hal ini, William I. Gorden menjabarkan empat fungsi komunikasi menurutnya, yakni:

Fungsi pertama: komunikasi sosial

Mengutip buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010) karya Deddy Mulyana, fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial berarti komunikasi penting dalam membangun konsep diri, aktualisiasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, menghindari tekanan dan ketegangan, serta memupuk hubungan dengan orang lain.

Melansir buku Ilmu Teknologi dan Komunikasi (2021) karya Hamdan Firmansyah, dkk, pembentukan konsep diri merupakan pandangan kita mengenai siapa diri kita.

Pandangan ini hanya bisa diperoleh lewat informasi dari orang lain. Sementara konsep diri biasanya dipengaruhi oleh keluarga dan orang terdekat, seperti sahabat dan kerabat.

Baca juga: Proses dan Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

Fungsi kedua: komunikasi ekspresif

Fungsi komunikasi sebagai komunikasi ekspresif tidak semata-mata bertujuan untuk memengaruhi orang lain. Namun, juga dapat dijadikan sarana penyampaian perasaan atau
emosi.

Perasaan tersebut dapat dikomunikasikan lewat bentuk nonverbal. Perasaan atau emosi memang bisa dinyatakan dalam bentuk ucapan atau perkataan (komunikasi verbal), tetapi lebih banyak dinyatakan dalam bentuk nonverbal (gerak-gerik tubuh dan raut wajah).

Fungsi ketiga: komunikasi ritual

Komunikasi ritual sering dilakukan secara kolektif (bersama). Fungsi komunikasi ini berarti proses komunikasi banyak dinyatakan dalam penggunaan kata-kata serta perilaku simbolik.

Mereka yang tergabung dalam komunikasi ritual ini sering menegaskan kembali komitmennya pada tradisi keluarga, komunitas, suku, bangsa, negara, ideologi, atau agama.

Contoh komunikasi ritual, yaitu upacara kelahiran, sunatan, perayaan ulang tahun, pertunangan, pernikahan, upacara kematian, perayaan keagamaan, wisuda, dan sebagainya.

Fungsi keempat: komunikasi instrumental

Dalam buku Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan, Komunikasi sebagai Ilmu (2018) oleh Redi Panuju, dituliskan bahwa komunikasi instrumental sering kali disebut komunikasi yang bertujuan persuasif.

Baca juga: 4 Fungsi Komunikasi dalam Organisasi Menurut Lee Thayer

Karena fungsi komunikasi sebagai komunikasi instrumental sering ditujukan untuk menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, mengubah perilaku atau menggerakkan tindakan, serta menghibur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com