Kompas.com - 25/01/2022, 09:00 WIB
Ilustrasi teks ulasan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi teks ulasan

Oleh: Nolilita, Guru SMPN Binaan Khusus Kota Dumai, Riau

 

KOMPAS.com - Teks ulasan merupakan teks yang berisikan komentar atau ungkapan serta mengulas dari pengamatan, pemeriksaan, dan hasil penilaian suatu karya seperti buku, novel, lagu, dan film.

Walaupun teks ini hanyalah berupa lontaran-lontaran kata, jenis teks ini sangat mudah dijumpai dan dibaca oleh semua orang. Teks ulasan memberikan kesempatan kepada para pembaca atau penikmat buku, film, lagu maupun serial untuk berpendapat secara obyektif. 

Pada teks ulasan ini pembaca bebas memaparkan penilaian- penilaian terhadap suatu obyek atau karya yang dibaca. Selain itu juga pembaca dapat menilai kualitas terkait kekurangan dan kelebihan sebuah karya dalam buku atau film. 

Sebenarnya teks ulasan tidak asing bagi pembaca karena sebuah teks ulasan pendek dapat dengan mudah kita temukan dalam sampul belakang buku, halaman awal buku, film, dan karya sastra (novel, cerpen, dan puisi). 

Dalam karya sastra biasa disebut dengan sipnosis. Salah satu contoh ulasan dari pembaca adalah menjelaskan tentang pesan moral ke dalam kehidupan nyata.

Selain itu juga teks ulasan atau resensi  ini juga membantu pembaca untuk memahami sebuah karya yang bermanfaat untuk masyarakat terutama para peminat buku, film dan karya sastra lainnya.

Baca juga: 7 Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif

Pengertian teks ulasan menurut para ahli

Teks ulasan adalah sebuah teks yang dibuat oleh seorang pengamat. Dalam hal ini berdasarkan pengamatan, pemeriksaan, pertimbangan, dan hasil penilaian pembaca terhadap suatu karya. Pengamat akan menulis dan membuat informasi secara rinci suatu karya atau peristiwa.

Berikut ini pengertian teks ulasan menurut para ahli:

Isnatun dan Farida 

Dalam buku Mahir Berbahasa Indonesia (2013) karya Isnatun dan Farida, disebutkan bahwa teks ulasan atau resensi adalah tulisan yang berisi pertimbangan atau penilaian sebuah karya yang dikarang atau diciptakan oleh orang lain.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.