Kompas.com - 14/01/2022, 12:00 WIB
Ilustrasi kegiatan dan fungsi jurnalistik Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi kegiatan dan fungsi jurnalistik

KOMPAS.comFungsi jurnalistik mencakup fungsi informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, serta perekat sosial.

Secara konseptual, kelima fungsi tersebut dapat ditemukan dalam Pasal 3 ayat (1) UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa lembaga pers nasional memiliki lima fungsi utama, yakni informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, dan perekat sosial.

Fungsi informasi

Dikutip dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, jurnalistik berfungsi untuk memberi informasi kepada masyarakat lewat produksi berita.

Fungsi informasi juga menekankan pada pemberian keterangan, serta penerangan sejumlah pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sekelompok orang yang baginya hal baru untuk diketahui.

Adapun informasi yang disampaikan kepada masyarakat hendaknya menarik dan mudah dimengerti.

Fungsi hiburan

Menurut Rusman Latief dalam buku Jurnalistik Sinematografi (2021), fungsi hiburan berarti jurnalistik tidak hanya menyajikan berita, namun juga bisa menjadi media hiburan yang informatif.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Artinya informasi yang disampaikan ke publik mengandung unsur hiburan. Dalam hal ini, hiburan yang dimaksud lebih mengarah pada pengolahan kata-kata informasi yang bisa menghibur hati. Walau begitu, informasi yang disampaikan ke publik harus tetap akurat, benar, serta berimbang.

Fungsi pendidikan

Fungsi jurnalistik ini berarti segala karya jurnalistik hendaknya mengandung unsur mendidik. Contoh, pemberitaan tentang informasi kesehatan, temuan ilmuwan, atau lainnya.

Selain itu, fungsi ini juga berarti bahwa jurnalistik hendaknya mengarahkan khalayak ke arah yang lebih baik, dan menambah wawasan serta pengetahuan mereka.

Fungsi kontrol sosial

Artinya jurnalis menjadi pemantau independen terhadap kekuasaan serta pemimpin yang berpengaruh kuat dalam kehidupan masyarakat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.