Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2021, 16:30 WIB

KOMPAS.comKerja sama antarnegara di era globalisasi sangatlah dibutuhkan. Terlebih lagi tidak ada satupun negara di dunia yang bisa berdiri sendiri. Karena beberapa keterbatasan yang dimiliki.

Yulis Jamiah dalam jurnal Globalisasi Ditinjau Melalui Perspektif Pendidikan Nilai (2010), menjelaskan globalisasi sebagai proses penyebaran hasil karya atau ilmu pengetahuan secara mendunia.

Adanya era globalisasi membuat negara-negara di dunia saling terikat satu sama lain atau tidak memiliki batasan. Artinya antar satu negara dengan lainnya saling menjalin hubungan, termasuk melakukan kerja sama.

Kerja sama antarnegara

Mengapa kerja sama antarnegara diperlukan pada era globalisasi? Dikutip dari buku Hukum Ekonomi Internasional (2020) karya Hanif Nur Widhiyanti dan kawan-kawan, kerja sama antarnegara, terlebih di era globalisasi, merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari.

Kerja sama ini terjalin karena negara mempunyai kemudahan akses untuk melakukan kerja sama, baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, politik, serta lainnya.

Baca juga: Tujuan dan Bentuk Kerja Sama ASEAN Bidang Ekonomi

Di era globalisasi, kerja sama antarnegara sangat diperlukan karena tantangan dunia semakin beragam dan kompleks. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor sebuah negara yang tidak dapat berdiri sendiri karena memiliki keterbatasan, khususnya sumber daya alam.

Adanya kerja sama antarnegara di era globalisasi diharapkan mempermudah suatu negara dalam memenuhi kebutuhannya.

Contoh kerja sama antarnegara

Berikut ini beberapa contoh kerja sama antarnegara di era globalisasi:

  • Kegiatan ekspor impor

Adalah contoh kerja sama antarnegara di bidang perdagangan. Kegiatan ini dilakukan karena keterbatasan sumber daya atau teknologi yang dimiliki sebuah negara.

  • Kegiatan pertukaran pelajar

Adalah contoh kerja sama antarnegara di bidang pendidikan atau budaya. Tujuannya agar pelajar bisa mempelajari kebudayaan lain dan menambah wawasan.

  • Kerja sama bidang keamanan

Kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat pertahanan serta keamanan sebuah negara.

  • Kerja sama bidang politik

Kerja sama ini dilakukan dalam bidang politik. Misalnya dengan melakukan perjanjian atau kesepakatan.

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+