Kompas.com - 07/09/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi startup freepik.com/rawpixel.comIlustrasi startup

KOMPAS.com - Dalam bidang bisnis, startup bukanlah suatu hal yang baru. Istilah ini sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat dunia dan Indonesia. Startup sering dikaitkan dengan suatu usaha atau perusahaan yang belum lama beroperasi.

Starup lahir dari masalah masalah yang sangat dekat dengan kita.Makna startup artinya, perusahaan-perusahaan startup muncul sebagai solusi dari permasalahan yang dekat dengan lingkungan sekitar atau yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Apa itu startup?

Pengertian startup

Menurut Maryati dalam Modul Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan (2020), startup merupakan perusahaan atau kegiatan usaha yang baru saja dibangun atau dalam masa rintisan. Tidak semua perusahaan yang baru dirintis dapat disebut startup.

Karena startup lebih merujuk pada bidang teknologi serta informasi yang berkembang di internet. Contohnya pengembang aplikasi, jasa perdagangan, sistem pembayaran, dan lainnya. Istilah startup berasal dari bahasa Inggris, yakni start-up, berarti sebuah bisnis yang baru saja dirintis.

Baca juga: Teori AIDAS dan Pengaruhnya di Bisnis Marketing

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejarah singkat startup

Dikutip dari buku Kewirausahaan Bisnis Online (2020) karya Anggri Puspita Sari dan teman-teman, startup diperkirakan muncul sekitar tahun 1998 hingga 2000. Saat itu buble dot.com sedang populer. Buble dot.com merupakan perusahaan dot.com yang banyak didirikan dan mulai berkembang pesat.

Semenjak buble dot.com populer, mulai bermunculan perusahaan yang membuat website pribadi. Hingga akhirnya startup menjadi ladang usaha untuk memulai bisnis. Bahkan sampai saat ini, startup masih menjadi ladang bisnis.

Jenis startup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak semua perusahaan baru dirintis dapat disebut startup. Karena istilah ini mengacu pada perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi dan informasi.

Dalam buku Kewirausahaan (2021) karya Muhammad Hasan, dkk, disebutkan tiga jenis startup, yakni:

  1. Startup game
    Adalah jenis perusahaan startup yang bergerak di bidang game. Kegiatannya mulai dari pembuatan game hingga aplikasi. Startup ini cukup berkembang pesat karena berpeluang besar.
  2. Startup edukasi
    Adalah jenis perusahaan startup yang bergerak di bidang edukasi. Kegiatannya berkaitan dengan pembelajaran atau edukasi. Misalnya aplikasi perpustakaan, forum belajar, dan sejenisnya.
  3. Startup perdagangan
    Adalah jenis perusahaan startup yang bergerak di bidang ekonomi, khususnya perdagangan. Kegiatannya mulai dari pembuatan aplikasi hingga jenis barang yang dijual.

Baca juga: Etika Bisnis: Pengertian, Teori, Prinsip, dan Contohnya

Karakteristik startup

Startup mempunyai delapan karakteristik penting, yaitu:

  1. Usia bisnis kurang dari tiga tahun
    Startup memang merujuk pada bisnis yang baru saja dirintis. Dalam hal ini, perusahaan yang dapat disebut startup adalah yang berusia kurang dari tiga tahun.
  2. Mempunyai inovasi dan keunikan ide
    Inovasi dan keunikan menjadi dasar penting dalam mendirikan startup. Perusahaan harus bisa berinovasi dengan membuat ciri khas tersendiri yang unik dan membedakannya dari perusahaan lain.
  3. Minim SDM
    Kira-kira tim startup memiliki jumlah anggota di bawah 20 orang. Bahkan ada perusahaan startup yang hanya mempunyai anggota tiga hingga lima orang. Semua kegiatan usaha bisa berjalan lancar karena dibantu teknologi.
  4. Multitasking
    Dengan jumlah SDM yang minim, anggota tim startup dituntut untuk bisa multitasking atau mempunyai pekerjaan lebih banyak dibanding yang seharusnya.
  5. Memiliki semangat muda
    Karakteristik lain dari startup adalah memiliki semangat muda. Artinya tim anggota startup selalu bersemangat untuk menjalankan serta mengembangkan inovasinya.
  6. Ketidakpastian
    Oleh karena masih perusahaan yang baru saja dirintis, maka pendapatannya juga kurang stabil. Sehingga menyebabkan ketidakpastian dalam beberapa hal, khususnya soal pendapatan.
  7. Didominasi teknologi
    Istilah startup hanya diperuntukkan bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Sehingga tidak semua bidang usaha yang menggunakan internet bisa dijuluki startup.
  8. Memakai internet
    Dalam perusahaan startup, internet menjadi hal penting yang harus ada. Karena media internet digunakan untuk mengerjakan dan menciptakan produk, hingga menjalin komunikasi bisnis. Selain itu, situs web juga menjadi hal penting dalam startup.

Baca juga: Strategi Merek dalam Bisnis

Contoh startup di Indonesia

Berikut beberapa contoh perusahaan startup di Indonesia:

  1. Tokopedia
    Adalah salah satu toko belanja online yang sangat terkenal di Indonesia. Perusahaan startup ini didirikan pada 2009. Tokopedia tidak hanya sukses di Indonesia, tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.
  2. Gojek
    Adalah salah satu perusahaan transportasi yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Startup ini didirikan pada 2010. Gojek merupakan perusahaan teknologi yang melayani angkutan melalui jasa ojek.
  3. Mamikos
    Adalah salah satu perusahaan pelopor dan penopang industri indekost di Indonesia. Mamikos didirikan pada 2015. Lewat aplikasinya, Mamikos menyediakan informasi terkait kost beserta daftar harganya.
  4. HaloDoc
    Adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. HaloDoc didirikan pada 2016. Lewat aplikasinya, HaloDoc memberi informasi tentang kesehatan, mulai dari konsultasi dokter hingga pemesanan obat.
  5. OVO
    Adalah salah satu jasa layanan keuangan digital. OVO secara khusus melayani transaksi digital di berbagai merchant di Indonesia. Startup ini didirikan pada 2017, dan hingga saat ini masih menjadi aplikasi kepercayaan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Peluang Bisnis Makanan Khas Daerah yang Menarik untuk Dikembangkan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.