Kompas.com - 07/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi penyebab globalisasi freepik.com/rawpixel.comIlustrasi penyebab globalisasi

KOMPAS.comGlobalisasi adalah suatu istilah umum yang menjelaskan keadaan dunia. istilah globalisasi berasal dari kata dalam bahasa Inggris yaitu globalization.

Globalization berangkat dari kata “global” yang berarti secara keseluruhan atau dunia, adapun kata “ization” merujuk pada suatu proses. Sehingga globalisasi adalah proses secara keseluruhan atau mendunia.

Dilansir dari National Geographic, globalisasi adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana perdagangan dan teknologi telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih terhubung dan saling bergantung.

Tahukah kamu apa saja yang menyebabkan globalisasi? Berikut hal-hal yang menyebabkan terjadinya globalisasi: 

Faktor eksternal penyebab globalisasi

Beberapa faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya globalisasi adalah:

  • Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan penyebab utama globalisasi. IPTEK menghasilkan temuan yang selain membantu pekerjaan manusia, juga mempermudah manusia berhubungan dengan satu sama lain dan bertukar informasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Contoh Globalisasi di Berbagai Bidang

Misalnya internet yang memberikan akses penggunanya untuk berhubungan dengan sesama manusia yang terpisah benua sekalipun.

Dilansir dari Statista, pada Januari 2021 ada 4,66 miliar pengguna internet aktif di seluruh dunia, artinya 59,9 persen populasi global menggunakan internet untuk berkomunikasi.

  • Perdaganganan bebas

Disadur dari BBC, organisasi seperti World Trade Organisation (WTO) mempromosikan perdagangan bebas antar negara yang membantu menghilangkan hambatan antar negara.

Perdagangan membuat satu negar terhubung dengan negara lainnya, memungkinkan mereka bertukar komoditas untuk memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing.

Dalam perdagangan, tidak hanya terjadi pertukaran komoditas dan uang. Melainkan juga budaya, kebiasaan, informasi, etos kerja, kesempatan untuk berkembang, dan perubahan dalam aspek sosial turut serta di dalamnya.

Perdagangan bebas didukung dengan IPTEK yang menemukan transportasi modern untuk distribusi komoditas dari suatu negara ke negara lainnya.

Baca juga: Upaya Menghadapi Modernisasi dan Globalisasi

  • Kemudahan migrasi

Dahulu manusia bermigrasi dengan berjalan atau menggunakan alat transportasi tradisional. Perkembangan IPTEK menghasilkan alat transportasi modern yang memudahkan manusia untuk bermigrasi ke tempat yang sangat jauh sekalipun.

Kemudahan migrasi membuat akulturasi budaya lebih mudah terjadi, mendorong terjadinya globalisasi.

Manusia modern sangatlah dinamis, mereka bepergian untuk berbagai alasan dari mulai bekerja, belajar, hingga berwisata. Dan dalam prosesnya, terjadi pertukaran serta pencampuran informasi yang menyebabkan globalisasi.

  • Kerja sama antar negara

Suatu negara biasanya menjalin hubungan baik dengan negara lain untuk mendapatkan keuntungan satu sama lain. kerja sama antar negara ini mendorong terjadinya pertukaran informasi yang memengaruhi kondisi sosial budaya sehingga menyebabkan globalisasi.

  • Lembaga internasional

Adanya lembaga internasional yang tidak bekerja di bawah bendera negara apa pun, melainkan untuk kepentingan umat manusia di dunia turut serta mendorong globalisasi.

Lembaga internasional mendorong negara-negara di dunia untuk bekerja sama dan juga membantu penegakan hak asasi manusia di seluruh dunia.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi bagi Negara

Faktor internal penyebab globalisasi

Faktor internal yang menyebabkan globalisasi, yaitu:

  • Perkembangan cara pikir

Terhubungnya sesama manusia melalui teknologi menyebabkan pengembangan cara pikir. Setiap wilayah di dunia memiliki kebiasaan dan kebudayaannya masing-masing.

Teknologi menghubungkan manusia dari wilayah berbeda, memungkinkan mereka bertukar segala jenis informasi.

Keterbukaan dunia dan kemudahan akses informasi membuka pola pikir yang tidak biasa bagi manusia. Menyebabkan perkembangan pola pikir dan mengundang lebih banyak keingintahuan mengenai wilayah yang belum pernah disambanginya.

Perkembangan pola pikir menyebabkan globalisasi yang dapat berdampak baik maupun berdampak buruk bagi kehidupan.

  • Kebebasan media

Kebebasan media dan juga pers turut mendorong globalisasi secara internal. Media dan pers menyajikan beragam informasi kepada manusia di seluruh dunia yang dapat memengaruhi pola pikir.

Kebebasan media dan pers juga memberikan kebiasaan baru bagi generasi yang turut serta menyebabkan globalisasi.

Baca juga: Globalisasi: Perubahan Perilaku Masyarakat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.