Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Lembaga Keluarga Tercipta Aman dan Nyaman bagi Anggotanya?

Kompas.com - 02/09/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Keluarga adalah lembaga yang paling dekat di sekitar kita. Lembaga ini biasanya terbentuk lewat ikatan darah dan perkawinan. Dalam lingkungan masyarakat, keluarga menjadi lembaga sosial terkecil.

Anggota lembaga keluarga terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Ketiga pihak ini saling bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman serta nyaman bagi anggotanya. Ketiga pihak ini berkaitan dan saling membutuhkan satu sama lain.

Menurut Yunisca Nurmalisa dan Muhammad Mona Adha dalam jurnal Peran Lembaga Sosial terhadap Pembinaan Moral Remaja di Sekolah Menengah Atas (2016), lembaga keluarga merupakan lembaga yang paling inti dan dasar dalam kehidupan sosial masyarakat.

Lembaga keluarga berfungsi untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang sejahtera dan dihuni oleh anggota keluarga yang bahagia serta makmur. Hal ini dapat tercipta jika kondisi keluarga aman dan nyaman bagi anggotanya.

Baca juga: Peran dan Tanggung Jawab Setiap Anggota Keluarga di Rumah

Menciptakan lembaga keluarga aman dan nyaman 

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), apabila lingkungan keluarga aman dan nyaman, maka lingkungan masyarakatnya juga akan aman dan nyaman.

Apa yang harus kalian lakukan agar lembaga keluarga menjadi tempat yang aman dan nyaman? Hal ini bisa dicapai ketika anggota keluarga mau saling berkomunikasi.

Komunikasi menjadi hal penting yang harus dilakukan dalam keluarga. Semakin erat jalinan komunikasinya, lembaga keluarga akan semakin nyaman. Karena tidak ada perselisihan atau pertengkaran yang membuat suasana menjadi tidak nyaman.

Selain komunikasi, sikap terbuka juga diperlukan. Terbuka artinya antara orang tua dan anak saling mengenal dan memahami satu sama lain. Contohnya ketika ada masalah, anak bisa menceritakannya kepada orang tua.

Cara lain agar lembaga keluarga dapat aman dan nyaman ialah memilih lingkungan tempat tinggal yang tepat. Artinya tempat tinggal dengan kondisi kehidupan masyarakat yang baik, aman, bertoleransi dan nyaman.

Baca juga: Tanggung Jawab Ibu dan Ayah dalam Keluarga

Dengan ketiga hal di atas, seperti komunikasi, sikap terbuka, serta pemilihan tempat tinggal dan lingkungan masyarakat, lembaga keluarga akan menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi anggotanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com