Kompas.com - 31/08/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi peran dan tanggung jawa anggota keluarga KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi peran dan tanggung jawa anggota keluarga

KOMPAS.com - Tiap anggota keluarga memiliki peran serta tanggung jawabnya masing-masing. Tidak ada peran yang kurang atau lebih penting. Dalam melakukannya, tanggung jawab harus dilaksanakan sesuai perannya.

Anggota keluarga yang disebut keluarga inti terdiri atas ayah, ibu, dan anak. Namun, tidak sedikit pula ada anggota keluarga lainnya yang tinggal dalam satu rumah, seperti kakek, nenek, paman, tante, dan saudara.

Peran dan tanggung jawab anggota keluarga di rumah

Dalam jurnal Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak (2015) karya Andi Syahraeni, tanggung jawab utama orang tua adalah memelihara, mengasuh, serta mendidik anak sebaik mungkin.

Namun, jika dilihat lebih jauh, ada perbedaan tanggung jawab serta peran ayah dan ibu dalam anggota keluarga. Sama seperti orang tua, anak juga memiliki tanggung jawab utama yakni membantu dan menghormati orang tua.

Baca juga: Tanggung Jawab Ibu dan Ayah dalam Keluarga

Berikut peran dan tanggung jawab setiap anggota keluarga di rumah, dikutip dari buku Kesatuan dalam Keberagaman: Paradigma Mutakhir Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya (2020) karya Sugiarti:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Ayah

Peran: kepala rumah tangga. Ayah memiliki hak untuk dihormati dan dipatuhi. Ayah berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan hidup serta memberi perlindungan kepada seluruh anggota keluarga.

Tanggung jawab: seorang ayah bertanggung jawab terhadap seluruh anggota keluarganya. Mulai dari kesejahteraan hingga kebutuhan yang diperlukan. 

  • Ibu

Peran: ibu rumah tangga. Ibu memiliki hak untuk dihormati serta dipatuhi. Ibu berkewajiban untuk mengurus rumah tangga serta menyediakan kebutuhan yang diperlukan anggota keluarga.

Tanggung jawab: seorang ibu bertanggung jawab terhadap segala aktivitas di rumah. Mulai dari kebersihan hingga kebutuhan makanan. Namun, ibu juga bisa bertanggung jawab untuk mencari nafkah.

  • Anak

Peran: anggota keluarga. Anak mempunyai hak untuk mendapat kasih sayang serta perhatian dari orang tua. Anak berkewajiban untuk patuh, hormat, serta membantu orang tua dalam menjalankan aktivitas di rumah.

Tanggung jawab: seorang anak bertanggung jawab untuk rajin belajar dan senantiasa mau membantu orang tua tanpa mengeluh.

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Keluarga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.