Kompas.com - 30/08/2021, 21:11 WIB
Ilustrasi pemanfaatan minyak bumi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pemanfaatan minyak bumi

KOMPAS.comMinyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang menopang aktivitas manusia modern. Minyak bumi ditambang dari bawah permukaan bumi berupa minyak mentah dengan warna bervariasi mulai dari hitam, coklat, kuning, merah, dan lainnya.

Dilansir dari National Geographic, minyak bumi terbuat dari sisa-sisa bahan organik organisme hidup yang terkubur di bawah jutaan ton sedimen dan berubah menjadi zat kaya karbon dalam waktu jutaan tahun. Zat kaya karbon itulah yang dikenal sebagai minyak bumi.

Berdasarkan situs eia.gov, minyak mentah secara historis menjadi sumber energi utama terbesar untuk total konsumsi energi. Minyak bumi disuling menjadi produk yang bisa digunakan secara praktis oleh manusia.

Pemanfaatan minyak bumi

Kewajiban kita dalam hal penggunaan minyak bumi yang tepat adalah menggunakan transportasi umum. Selain itu juga banyak hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah pemanfaatan minyak bumi yang tepat bagi manusia:

  • Bahan bakar rumah tangga

Minyak bumi disuling dalam tanki distilasi. Produk pertama yang dihasilkan pada suhu di bawah 20 C adalah gas yang disebut dengan gas LPG. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Liquefied petroleum gas (LPG) adalah gas yang terdiri atas hidrokarbon volatile, propena, propana, butena, dan butane.

LPG digunakan sebagai bahan bakar rumah tangga maupuan industri. LPG digunakan untuk menyalakan kompor dan juga tungku pembakaran.

Baca juga: Diagram Gambar Produksi Minyak Bumi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Bahan bakar kendaraan

Penyulingan minyak bumi menghasilkan beberapa produk bahan bakar untuk kendaraan bermotor.

Misalnya bensin untuk motor dan mobil, solar untuk truk dan mesin diesel, minyak pemanas untuk bahan bakat kapal laut, nafta untuk pembuatan pertamax, dan kerosin yang merupakan bahan baku pembuatan avtur (bahan bakar pesawat terbang).

  • Konstruksi

Minyak bumi dimanfaatkan dalam bidang konstruksi. Misalnya pembuatan jalan di mana aspal berasal dari penyulingan minyak bumi dengan suhu 565ºC. Minyak bumi dalam bidang konstruksi juga digunakan untuk pembuatan pipa rumah dan industri, atap, hingga cat.

  • Pembuatan plastik

Minyak bumi yang disuling pada suhu 35ºC hingga 175ºC akan menghasilkan produk hidrokarbon bernama nafta. Dilansir dari Live Science, hidrokarbon ini adalah bahan baku paling awal dari 300 tipe plastik yang ada di bumi.

Sehingga benda seperti botol sampo, kantung plastik, sedotan, tempat makan plastik, helm, pelindung badan, body motor dan mobil, bingkai kacamata, aksesori berbahan dasar plastik, sarung tangan medis, pelindung medis, hingga benda sehari-hari lainnya yang terbuat dari plastik, semuanya bersumber dari minyak bumi.

Baca juga: Proses Pengolahan Minyak Bumi

  • Pelumas

Manfaat minyak bumi selanjutnya adalah sebagai pelumas pada mesin. Pelumas yang dihasilkan minyak bumi berupa oli yang digunakan pada mesin motor, mesin mobil, alat elektronik, generator listrik, hingga mesin pabrik.

  • Produk kecantikan

Minyak bumi juga dapat dimanfaatkan sebagai produk kecantikan. 95 persen bahan kimia yang digunakan untuk membuat parfum adalah bahan yang berasal dari minyak bumi.

Selain parfum, minyak bumi juga digunakan dalam pembuatan sampo, kondisioner, alas bedak, pelembap, lipstik, perona mata, perwarna mata, cat kuku, hingga maskara.

  • Kesehatan

Sekitar 45 produksi minyak bumi digunakan untuk kesehatan, namun hampir 99 persen bahan baku dan reagen farmasi berasal dari petrokimia (bahan kimia dari minyak bumi). Sehingga pembuatan antibiotik, penahan sakit, antimakteri, obat batuk, salep, dan gel, semuanya merupakan pemanfaatan minyak bumi.

  • Pertanian

Minyak bumi juga dimanfaatkan dalam bidang pertanian yaitu sebagai bahan baku pembuatan pupuk. Selain untuk pupuk, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan baku insektisida dan pestisida dalam mengusir hama.

Baca juga: Potensi Sumber Daya Alam Minyak Bumi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.