Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metronome: Pengertian, Fungsi, dan Manfaat

Kompas.com - 09/08/2021, 13:17 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comMetronome menjadi salah satu alat yang dibutuhkan dalam seni musik. Metronome disimbolkan dengan huruf MM yang merupakan singkatan dari Maelzel Metronome. Nama Maelzel diambil dari nama penemunya, yakni Johann Maelzel.

Secara garis besar, metronome berhubungan erat dengan tempo musik. Alat ini ditemukan oleh seorang penemu asal Jerman bernama Johann Maelzel, pada 1815. Sejak dipatenkan olehnya, metronome banyak digunakan oleh para musisi, hingga saat ini.

Apa itu metronome?

Pengertian metronome

Menurut Nando Veron dalam buku Trik Instan Jago Main Biola Secara Otodidak (2014), metronome merupakan alat yang digunakan untuk menyamakan tempo lagu dalam sebuah musik. Sekilas, metronome mirip jam yang bisa berdetak sesuai kecepatan yang diinginkan.

Mengutip dari buku Lancar Bermain Keyboard dari Nol hingga Mahir (2012) karya Dahlan Taher, metronome juga bisa diartikan sebagai alat untuk mengindikasikan tempo musik. Alat ini bisa ditemui di beberapa alat musik, seperti keyboard.

Baca juga: Musik Tradisional: Definisi, Fungsi, Ciri-Ciri, dan Jenisnya

Fungsi metronome

Seperti yang telah dijelaskan di atas, metronome merupakan alat untuk menyamakan tempo dalam sebuah musik. Bisa dikatakan, fungsi metronome untuk menyamakan serta menentukan tempo musik.

Melansir dari situs Master Class, fungsi metronome untuk menjaga tempo musik agar konsisten. Sehingga pemain alat musik tidak perlu mempercepat atau memperlambat tempo secara sengaja. Metronome juga membuat musik lebih stabil.

Manfaat metronome

Dalam dunia musik, metronome banyak dimanfaatkan serta digunakan oleh para musisi. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan metronome:

  1. Latihan untuk membuat tempo lebih stabil
    Metronome membantu musisi untuk berlatih membuat tempo yang lebih stabil, tidak melambat atau terlalu cepat.
  2. Membantu memahami letak ketukan beserta pembagiannya
    Metronome tidak hanya membuat tempo lebih stabil. Namun, juga membantu musisi mengetahui dan membagi letak ketukan dalam musiknya.
  3. Lebih mengenal tempo musik
    Metronome membantu musisi untuk lebih mengenal tempo musik. Artinya mereka akan lebih tahu kapan waktu yang pas untuk memperlambat atau mempercepat temponya.
  4. Bisa diaplikasikan dalam berbagai instrumen musik
    Metronome bisa diaplikasikan dan digunakan dalam banyak instrumen musik. Sehingga ini makin mempermudah musisi dalam mempelajari dan membuat tempo lebih stabil.

Baca juga: Alat Musik Idiophone: Pengertian dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com