Kompas.com - 11/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi segitiga sama sisi freepik.com/ flaticonIlustrasi segitiga sama sisi

KOMPAS.com - Segitiga adalah salah satu bentuk geometri dua dimensi yang sering ditemui dalam kehidupan manusia.

Misalnya rambu-rambu lalu lintas, potongan pizza, atap rumah, bahkan paruh burung. Ada empat jenis segitiga, yaitu segitika sama sisi, segitiga siku-siku, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang

Sifat-sifat segitiga sama sisi

Setiap jenis segitiga memiliki sifat-sifatnya tersendiri. Berikut adalah sifat-sifat dari segitiga sama sisi:

Segitiga sama sisimathmonks.com Segitiga sama sisi

  • Ketiga sisinya sama

Seperti namanya, segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi yang panjangnya sama besar. Misalnya satu sisi memiliki panjang 10 cm, berarti kedua sisi lainnya juga memiliki panjang 10 cm.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Segitiga

  • Ketiga Sudut Sama Besar

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah sudut hasil perpotongan sisi-sisinya. Dilansir dari Math Monks, ketiga sudut tersebut sama besar yaitu membentuk sudut 60º.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sudut-dudut tersebut dapat terlihat pada gambar yaitu ABC = BAC = ACB = 60º. Sehingga jumlah sudut dalam segitiga sama sisi adalah 3 x 60º, yaitu 180º derajat.

  • Tiga Simetri Lipat

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah simetri lipat. Simetri lipat pertama yaitu saat segitiga sama sisi dilipat mengikuti garis AE, maka kedua sisinya akan simteri (sama besar dan sama bentuknya).

Dua simetri lainnya adalah garis B yang berpotongan dengan titik sentral O dan garis C yang berpotongan dengan titik sentral O.

  • Tiga Simetri Putar

Segitiga sama sisi memiliki tiga buah simatri putar. Hal ini berarti jika segitiga sama sisi diputar 90 derajat ke kanan maupun ke kiri, bentuknya akan tetap sama atau simetri.

Baca juga: Cara Menghitung Keliling Segitiga

  • Orthosentral dan sentral sama

Titik orthosentral segitiga sama sisi adalah titik sentralnya atau O pada gambar. Dilansir dari Cuemath, orthosentral adalah titik di mana ketiga ketinggian segitiga berpotongan. Yang disebut ketinggian adalah garis yang membentuk sudut siku-siku dengan setiap sisi bidang.

Karena segitiga memiliki tiga sisi, maka ada tiga buah ketinggian di dalamnya. Garis ketinggian tersebut sama dengan garis simetri lipat.

  • Rumus Segitiga Sama Sisi

Karena segitiga sama sisi memiliki tiga buah sisi sama besar yang membentuknya. Maka rumus keliling dan luasnya sebagai berikut:
K= a + a + a = 3a

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Rumus luas segitiga sama sisi

Keterangan: 

K= keliling segitiga sama sisi
L= luas segitiga sama sisi
a= panjang sisi
t= tinggi segitiga

 Baca juga: Menentukan Panjang Sisi Segitiga dengan Perbandingan Trigonometri


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X