Kompas.com - 08/06/2021, 14:52 WIB
Daur air gpm.nasa.govDaur air

KOMPAS.com - Air merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan di Bumi. Karena keberadaan air, Bumi menjadi bisa ditinggali oleh manusia.

Di Bumi terjadi pergerakan air yang dinamakan dengan daur air atau siklus air. Dilansir dari Global Precipitation Measurement NASA, daur air adalah gambaran bagaimana air menguap dari permukaan bumi dan naik ke atmosfir.

Kemudian mengalami pendinginan dan mengembun menjadi hujan atau salju. Lalu jatuh ke permukaan bumi sebagai prespitasi. 

Siklus air terus berjalan di Bumi selama bertahun-tahun, menjaga keberadaan air bersih yang dapat digunakan untuk kehidupan.

Baca juga: Faktor Penyebab Terjadinya Gerakan Air Laut

 

Namun tahukah kamu bahwa ada kegiatan manusia yang memengaruhi bahkan menganggu daur air? Hal-hal apa sajakah yang dapat mempengaruhi daur air?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini!

  • Pelapisan jalan dengan aspal dan beton

Semakin banyaknya populasi manusia dan kemajuan peradaban, maka akan semakin banyak terjadinya pembangunan. Tanah mulai ditutup oleh beton dan aspal baik untuk pemukiman, pusat perbelanjaan, tempat parker, maupun jalan.

Hal tersebut memengaruhi penyerapan air hujan (infiltrasi) karena aspal dan beton merupakan material yang tahan atau tidak menyerap air.

Dilansir dari U.S Geological Survey, air hujan yang turun tidak dapat menyusup ke permukaan yang kedap air dan akan mengalir cepat ke sungai dan menganggu daur air.

Akibatnya bisa terjadi banjir perkotaan dan juga mengurangi persediaan air bawah tanah, sehingga tanah rentan akan kekeringan.

Baca juga: Bentuk Es Batu Setelah Dimasukkan ke dalam Air Panas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X