Kompas.com - 02/06/2021, 12:35 WIB
Ilustrasi presentasi video freepik.com/tirachardzIlustrasi presentasi video

KOMPAS.com - Presentasi tidak harus selalu dilakukan dengan menggunakan Power Point. Ada banyak cara lain untuk melakukan presentasi, salah satunya lewat video atau yang lebih dikenal dengan presentasi video.

Tentunya presentasi video berbeda dengan jenis presentasi lainnya. Karena presentasi video menggunakan media audio dan visual untuk menyampaikan informasi kepada penontonnya. Agar lebih mengenal apa itu presentasi video, mari simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian dan fungsi presentasi video

Menurut Tonni Limbong dan Janner Simarmata dalam buku Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktik (2020), presentasi video adalah jenis presentasi yang menggunakan media audio visual berupa video sebagai sarana penyampaian pesan atau ide atau gagasan.

Dalam Bahasa Inggris, presentasi video disebut video presentation. Melansir dari situs ispringsolutions.com, presentasi video biasanya dibuat dalam durasi tertentu, dengan tampilan yang menarik dan narasi atau teks yang sesuai.

Baca juga: Poin-Poin Presentasi

Presentasi video termasuk video yang bertujuan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan.  Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, fungsi utama dari presentasi video ialah untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam bentuk media audio visual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presentasi video sering digunakan untuk mempresentasikan sebuah produk atau ide mengenai suatu hal. Penyampaian lewat video semakin mempermudah pembicara dan penerima informasi dalam mengerti hal yang disampaikan.

Jenis dan contoh presentasi video

Presentasi video digunakan untuk menyampaikan informasi atau hal lainnya. Penggunaan video sebagai sarana presentasi harus disesuaikan dengan tujuan utama yang ingin dituju. Berikut beberapa jenis presentasi video:

  • Presentasi video promosi

Jenis presentasi ini sering digunakan untuk melakukan promosi. Cara ini jauh lebih dipandang efektif dan tidak membosankan.

Selain itu, jenis presentasi ini juga mempermudah orang untuk mengenal lebih jauh tentang hal apa yang sedang dipromosikan.

Contoh presentasi videonya ialah penawaran produk barang atau jasa. Contoh lainnya video presentasi promosi sekolah, organisasi tertentu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Menyampaikan Presentasi yang Baik

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X