Kompas.com - 29/05/2021, 13:25 WIB
Pemandangan dari salah satu stasiun penelitian di Antartika. washingtonpostPemandangan dari salah satu stasiun penelitian di Antartika.

KOMPAS.com - Antartika menjadi benua terluas nomor lima di dunia, dengan total luas wilayah mencapai 14 juta kilometer persegi. Antartika juga termasuk dalam tempat terdingin di dunia. Hanya segelintir makhluk hidup yang bisa menahan dinginnya Antartika.

Tidak hanya masuk dalam jajaran tempat terdingin di dunia, Antartika juga sangat dikenal dengan salju abadinya. Suhu terendah di benua ini bisa mencapai minus puluhan derajat, sedangkan suhu tertingginya hanya berkisar belasan derajat saja.

Ada sejumlah alasan mengapa suhu di Antartika sangat dingin. Alasan utamanya ialah karena minimnya pancaran sinar matahari di benua ini, sehingga tidak mengherankan jika suhunya bisa menyentuh angka minus.

Dilansir dari NASA Climate Kids, Antartika tidak mendapat sinar matahari secara langsung dan cukup setiap tahunnya. Posisi matahari selalu rendah di ufuk, bahkan saat musim panas.

Baca juga: Mengapa Benua Antartika tidak Berpenghuni?

Ketika musim dingin tiba, posisi matahari akan berada jauh di bawah cakrawala, sehingga tidak akan ada sinar matahari selama berbulan-bulan. Siang yang seharusnya cerah pun, akan terasa gelap dan dingin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari situs Science Learning Hub, posisi Benua Antartika juga berpengaruh pada dinginnya suhu di benua ini. Antartika terletak sekitar 2.800 meter di atas permukaan laut. Setiap ribuan meter dari atas permukaan laut, suhu Antartika menjadi lebih dingin kira-kira -6 derajat Celcius.

Tipisnya atmosfer di atas Benua Antartika menyebabkan benua ini tidak tertutupi awan. Sehingga ketika sinar matahari cerah menyinari permukaan Antartika, sinar tersebut akan kembali dipantulkan ke atas.

Kata lainnya, tidak ada sinar matahari yang terjebak dan Antartika tetap diselimuti salju dengan suhu dingin.

Alasan terakhir mengapa Antartika sangat dingin ialah karena perairan jauh lebih luas dan banyak dibanding daratan.

Berbeda dengan daratan yang bisa menangkap panas dan menghangatkan suatu daerah, perairan di Antartika hanya membuat benua ini semakin dingin.

Baca juga: Mengapa Benua Australia Memiliki Banyak Keunikan Flora dan Fauna?


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X