Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senjata Tradisional Bengkulu

Kompas.com - 18/05/2021, 16:02 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bengkulu termasuk dalam salah satu provinsi di Indonesia. Bengkulu memiliki beberapa jenis senjata tradisional yang berasal dari nilai kebudayaan masyarakat setempat.

Senjata tradisional ini dulunya digunakan untuk melawan musuh atau melindungi diri. Namun, untuk saat ini senjata tersebut banyak digunakan sebagai pelengkap pakaian adat ataupun sebagai koleksi benda pusaka.

Apa sajakah senjata tradisional Bengkulu?

Keris Bengkulu

Dalam Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat dan Senjata Tradisional (2009), disebutkan jika keris Bengkulu ini menjadi salah satu benda yang dikeramatkan masyarakat setempat. Keris ini berukuran panjang 13 jari dan bentuknya lurus.

Keris ini hanya dapat digunakan oleh kepala adat atau hulung balang masyarakat Bengkulu, saat berperang, untuk membela diri serta dalam upacara adat. Selain dianggap keramat, keris ini juga dianggap pemberani bagi pemilik atau pemegangnya.

Baca juga: Badik Tumbuk Lado, Senjata Tradisional Kepulauan Riau

Senjata Kerambitwikipedia.org/Feyd greenman Senjata Kerambit
Kerambit

Menurut Ramli Achmad, dkk dalam Koleksi Senjata Tradisional (Museum Negeri Propinsi Bengkulu) (1992), kerambit bentuknya melengkung seperti setengah lingkaran dengan bagian ujung tajam.

Ukuran panjangnya berkisar 12 sentimeter dengan lebar pangkal dua sentimeter.

Senjata ini hanya bisa digunakan oleh para pesilat. Menurut kepercayaan warga setempat, kerambit tumbuh bersamaan dengan perkembagan silat di Bengkulu.

Namun, tidak diketahui pasti kapan senjata ini mulai muncul dan dibuat. Kerambit menjadi senjata tradisional asli Bengkulu dan dapat ditemui hampir di seluruh provinsi ini.

Baca juga: Daftar Senjata Tradisional di Indonesia

Senjata Sewarwikipedia.org/Tropenmuseum Senjata Sewar

Sewar

Sewar termasuk dalam salah satu senjata tradisional yang sudah populer di Bengkulu. Sewar bentuknya agak berbeda dengan senjata lainnya.

Sisi tajamnya agak meruncing ke arah ujung serta agak sedikit membungkuk ke bagian ujungnya.

Sebagai senjata, sewar digunakan untuk perlindungan diri. Namun, senjata ini juga sering digunakan sebagai properti dalam Tari Sewar. Selain itu, senjata ini juga sering disimpan dan diwariskan secara turun temurun ke beberapa generasi.

Pedang

Pedang juga menjadi salah satu senjata tradisional Bengkulu. Senjata ini masih cukup banyak disimpan dan diwariskan oleh masyarakat Bengkulu ke generasi berikutnya.

Berbeda dengan senjata tradisional Bengkulu lainnya, bagian ujung pedang tidak terlalu runcing, tetapi agak sedikit melengkung ke arah belakang.

Baca juga: Keunikan Kujang, Senjata Tradisional Jawa Barat

Umumnya pedang di Bengkulu memiliki ukuran panjang sekitar 60 hingga 75 sentimeter dengan lebar 3 sampai 4 sentimeter. Pedang digunakan untuk melindungi diri dari serangan lawan dan dipasang dengan sarung atau penutup di bagian pinggang pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com