Kompas.com - 18/05/2021, 16:02 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Bengkulu, Keris Youtube/ ID INFO[Tangkapan Layar] senjata tradisional Bengkulu, Keris

KOMPAS.com - Bengkulu termasuk dalam salah satu provinsi di Indonesia. Bengkulu memiliki beberapa jenis senjata tradisional yang berasal dari nilai kebudayaan masyarakat setempat.

Senjata tradisional ini dulunya digunakan untuk melawan musuh atau melindungi diri. Namun, untuk saat ini senjata tersebut banyak digunakan sebagai pelengkap pakaian adat ataupun sebagai koleksi benda pusaka.

Apa sajakah senjata tradisional Bengkulu?

Keris Bengkulu

Dalam Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat dan Senjata Tradisional (2009), disebutkan jika keris Bengkulu ini menjadi salah satu benda yang dikeramatkan masyarakat setempat. Keris ini berukuran panjang 13 jari dan bentuknya lurus.

Keris ini hanya dapat digunakan oleh kepala adat atau hulung balang masyarakat Bengkulu, saat berperang, untuk membela diri serta dalam upacara adat. Selain dianggap keramat, keris ini juga dianggap pemberani bagi pemilik atau pemegangnya.

Baca juga: Badik Tumbuk Lado, Senjata Tradisional Kepulauan Riau

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senjata Kerambitwikipedia.org/Feyd greenman Senjata Kerambit
Kerambit

Menurut Ramli Achmad, dkk dalam Koleksi Senjata Tradisional (Museum Negeri Propinsi Bengkulu) (1992), kerambit bentuknya melengkung seperti setengah lingkaran dengan bagian ujung tajam.

Ukuran panjangnya berkisar 12 sentimeter dengan lebar pangkal dua sentimeter.

Senjata ini hanya bisa digunakan oleh para pesilat. Menurut kepercayaan warga setempat, kerambit tumbuh bersamaan dengan perkembagan silat di Bengkulu.

Namun, tidak diketahui pasti kapan senjata ini mulai muncul dan dibuat. Kerambit menjadi senjata tradisional asli Bengkulu dan dapat ditemui hampir di seluruh provinsi ini.

Baca juga: Daftar Senjata Tradisional di Indonesia

Senjata Sewarwikipedia.org/Tropenmuseum Senjata Sewar

Sewar

Sewar termasuk dalam salah satu senjata tradisional yang sudah populer di Bengkulu. Sewar bentuknya agak berbeda dengan senjata lainnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X