Kompas.com - 17/05/2021, 15:30 WIB
[Tangkapan Layar] senjata tradisional Jawa Timur, Clurit Youtube/ ID INFO[Tangkapan Layar] senjata tradisional Jawa Timur, Clurit

KOMPAS.com - JawaTimur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang di duduki oleh banyak kerajaan Hindu dan Islam pada masa lampau.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, beberapa kerjaan yang pernah Berjaya di tanah Jawa Timur adalah Kerajaan Medang (937-1017), Kerajaan Daha Janggala (1080-1222), Kerajaan Singasari (1222-1292), dan Kerajaan Majapahit (1293-1527).

Kerajaan-kerajaan tersebut berkuasa hingga akhirnya Jawa Timur jatuh di bawah kolonialisme Belanda sekitar abad ke-17.

Berbagai perang terjadi antara penduduk Jawa Timur dengan Belandan dan tentara sekutu. Jika sekutu membawa banyak senjata modern seperti meriam, senapan, dan pistol, maka penduduk Jawa Timur menggunakan senjata tradisionalnya untuk mempertahankan tanah mereka.

Baca juga: Daftar Senjata Tradisional di Indonesia

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa senjata tradisional khas Jawa Timur adalah clurit, kudi, bunding, caluk, bionet, dan keris. Berikut penjelasannya:

  • Clurit

Clurit adalah senjata tradisional jawa timur yang berasal dari Suku Madura. Rokhyanto dan Marsuki dalam jurnal berjudul Sikap Masyarakat Madura Terhadap Tradisi Carok: Studi Fenomenologi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Madura (2015), menyebutkan bahwa clurit merupakan senjata yang melengkung dengan ujung sangat tajam yang digunakan dalam duel maut mempertahankan harga diri yaitu budaya carok.

Namun pada saat tanah Madura diduduki oleh Belanda dan sekutu, clurit merupakan senjata andalan Suku Madura dalam melakukan perlawanan atas penjajahan tersebut.

Clurit yang digunakan Suku Madura biasanya dibumbuhi ritual adat untuk memberikan kekuatan magis pada clurit tersebut.

  • [Tangkapan Layar] senjata tradisional Jawa Timur, KudiYoutube/Bung Toher [Tangkapan Layar] senjata tradisional Jawa Timur, Kudi
    Kudi

Kudi adalah senjata khas Jawa Timur yang memiliki bentuk mirip dengan senjata Kujang Jawa Barat. Kudi digunakan untuk pekerjaan kasar dan juga pertahanan diri rakyat Jawa Timur.

Baca juga: Keunikan Keris Tumbuk Lada, Senjata Khas Jambi

Kudi memiliki makna menghidupi dalam segala kondisi masyarakat Jawa Timur. Misalnya kudi digunakan untuk memotong kayu bakar, kayu bakar kemudian dijual ke pasar, sehingga rakyat mendapatkan uang untuk makan dan bertahan hidup.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X