Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Rakit Adat Bangka Belitung

Kompas.com - 04/05/2021, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangka Belitung adalah salah satu provinsi Indonesia yang merupakan wilayah kepulauan.

Terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, disertai beberapa pulau yang lebih kecil.

Dilansir dari situs resmi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bangka Belitung memiliki sekitar 40 persen lahan yang tergenang air ataupun terletak di pinggir laut.

babelprov.go.id Letak Geografis Bangka Belitung

Banyaknya wilayah yang ditutupi oleh air membuat masyarakatnya harus beradaptasi dengan lingkungan tersebut.

Sehingga terbentuklah arsitektur rumah tradisional Bangka Belitung yang disebut dengan rumah rakit.

Wilujeng Dwi Windhiari dalam buku berjudul Yuk, Mengenal Rumah Tradisional Sumatera, menyebutkan bahwa Rumah Rakit pertama dibuat oleh orang Tionghoa yang pada masa Kesultanan Palembang tidak memperbolehkan warga asing untuk membangun rumah di daratan.

Baca juga: Keunikan Rumah Kasepuhan, Cirebon

Sehingga orang-orang Tionghoa tersebut membangun rumah layaknya rakit yang bisa mengambang dan berlayar di sepanjang Sungai Musi.

Dilansir dari Indonesia Traveler, rumah rakit adat Banka Belitung pada dasarnya adalah rumah Melayu bubung panjang yang ditambahkan dengan arsitektur khas Tionghoa juga dibangun di atas suatu rakit bambu.

Rumah Rakit terbuat dari kayu trembesi, rotan besar dan kecil, bambu, serta alang-alang yang memudahkannya untuk mengapung di atas air.

Rakit dibuat dari bambu atau balok kayu yang diikat oleh rotan dan disertai dengan pelampung sehingga rumah tidak akan tenggelam.

Rumah Rakit disertai dengan jembatan yang bisa menghubungkannya ke daratan. Rumah rakit juga dapat diikat agar tidak hanyut oleh aliran sungai.

Rumah rakit adat Bangka Belitung terdiri dari tiga bagian seperti rumah melayu pada umumnya yakni selasar, ruang utama atau rumah induk, dan juga dapur.

Baca juga: Daftar Rumah Adat di Indonesia

Walau mengambang di atas sungai, rumah rakit tetap memiliki selasar atau teras terbuka di bagian depan rumah, tempat penerimaan tamu.

Rumah rakit juga memiliki rumah induk yaitu tempat aktivitas utama dalam rumah. Rumah induk terdiri dari berbagai ruangan serta kamar dan ditutupi oleh tikar ayaman khas Bangka Belitung.

Sebelum memasuki dapur dari ruang utama ada ruang penghubung yang dinamakan loss yang menetralkan aktivitas dapur sebelum sampai ke ruang utama. Yang terakhir adalah bagian dapur untuk memasak dan menyimpan peralatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com