Kompas.com - 08/03/2021, 13:33 WIB
Gambar dengan teknik pointilis PinterestGambar dengan teknik pointilis

KOMPAS.com - Aktivitas menggambar biasanya dilakukan di atas bidang datar dengan menggunakan pensil, drawing pen, krayon, atau sejenisnya.

Cara paling mudah untuk menggambar ialah dengan memperhatikan objek atau modelnya secara langsung. Sehingga hasilnya nanti bisa menyerupai bentuk aslinya dan mengandung nilai keindahan.

Menurut Rantinah dalam buku Teknik Menggambar Benda dan Melukis (2019), aktivitas menggambar diawali dengan pengamatan objek, pembuatan outline dan detailnya, serta mengarsir objek di atas bidang datar.

Agar bisa menghasilkan gambar yang indah, ada beberapa teknik yang harus dipelajari dan dikuasai dalam menggambar. Apa sajakah itu?

Baca juga: Macam-Macam Teknik Melukis

Teknik pointilis

Teknik pointilis dilakukan dengan membuat titik-titik kecil pada bidang datar, seperti kanvas atau kertas gambar. Titik yang dibuat ini dilakukan secara berulang sehingga membentuk hasil gambaran atau objek yang diinginkan.

Dalam melakukan teknik pointilis, membutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena penggambaran objek tidak dilakukan dengan arsiran, namun dengan membuat titik-titik. Penerapan teknik ini bisa dilakukan dengan pensil atau drawing pen.

Teknik arsir

Ilustrasi arsiranpinterest.com Ilustrasi arsiran
Ilustrasi arsiranPinterest Ilustrasi arsiran
Menurut Deddy Award. W. Laksana dalam diktat Menggambar, teknik arsir dilakukan dengan membuat garis menyilang atau sejajar. Sehingga hasil gambarannya bisa terlihat seperti tiga dimensi.

Dalam mengarsir objek, harus ditentukan tingkat ketebalan dan ketipisannya. Karena berpengaruh pada gelap atau terangnya objek gambar. Penerapan teknik arsir bisa dilakukan dengan menggunakan spidol, pensil, drawing pen, dan alat lainnya.

Teknik blok

Ilustrasi gambar dengan teknik blokFreepik Ilustrasi gambar dengan teknik blok
Teknik blok digunakan untuk membuat hasil gambaran berupa siluet. Teknik ini dilakukan dengan membubuhkan dan memenuhi objek dengan satu warna. Contohnya warna hitam atau warna lainnya.

Oleh karena hasil gambarannya berupa siluet, maka fokus utama saat menggambar bukanlah pada detail objeknya, tetapi pada proses pembuatan siluetnya.

Baca juga: Teknik Menggambar Bentuk Silindris

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X