Kompas.com - 05/03/2021, 14:57 WIB
Notasi lagu. SHUTTERSTOCKNotasi lagu.

KOMPAS.com - Birama merupakan salah satu unsur penting dalam seni musik. Pada umumnya, birama ditulis dalam bentuk angka pecahan untuk menandakan jumlah ketukan.

Dalam seni musik, birama sama pentingnya dengan irama, harmoni, dan unsur musik lainnya. Tahukah kamu apa itu birama?

Pengertian birama

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), birama adalah kelompok ketukan yang bersifat tetap, dimulai dengan ketukan kuat hingga ketukan kuat berikutnya.

Menurut Pratik Hari Yuwono dalam diktat yang berjudul Ritme, birama merupakan pembagian ketukan yang sudah dikelompokkan dalam waktu.

Birama juga dapat diartikan sebagai pembagian kalimat dalam musik ke dalam ukuran yang sama. Hal ini ditandai dengan penggunaan lambang hitungan atau bilangan tertentu yang telah disepakati.

Baca juga: Cara Menghitung Pola Irama Lagu

Fungsi birama

Birama memainkan peran yang sangat penting dalam seni musik. Fungsi utamanya ialah untuk memperindah alunan musik atau lagu. Tidak hanya itu, birama juga berfungsi untuk menentukan jumlah ketukan dalam sebuah musik.

Secara garis besar, birama memiliki dua fungsi, yaitu:

  • Fungsi musikal

Jika melihat dari fungsi musikal, birama berfungsi untuk membentuk irama musik. Karena kumpulan dari satuan unit birama yang dilakukan secara berulang akan membentuk irama.

Birama yang berfungsi secara musikal ini biasanya terdiri atas bunyi suara yang rendah hingga ke suara tertinggi. Hal inilah yang nantinya akan membentuk irama musik.

  • Fungsi simbol

Jika melihat dari fungsi simbol, birama berkaitan erat dengan tanda birama yang dalam penggunaannya memakai simbol angka pecahan. Contohnya 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8.

Baca juga: Perbedaan Tangga Nada Mayor dan Minor

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X