Kompas.com - 05/03/2021, 14:17 WIB
Peta Asia Tenggara Planetary VisionsPeta Asia Tenggara

KOMPAS.com - Kawasan Asia Tenggara terletak di antara Cina, India, Australia dan Samudera Pasifik. Kawasan ini memiliki dua bagian wilayah geografis, yakni daratan serta kepulauan.

Wilayah daratan di Asia Tenggara terdiri atas Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos dan Thailand. Sedangkan wilayah kepulauan di Asia Tenggara terdiri atas Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Mengutip dari situs Sekretariat Nasional ASEAN-Indonesia, secara astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak di 28º LU - 11ºLS dan 93º BT - 141ºBT.

Lalu, bagaimana dengan letak geografis dan letak geologis Asia Tenggara?

Baca juga: Letak Geografis dan Batas Wilayah ASEAN

Letak geografis Asia Tenggara

Letak geografis merupakan letak sebuah wilayah yang dilihat dari bentuk nyata wilayah tersebut di atas permukaan bumi. Letak geografis juga bisa dilihat dari hasil tinjauan kawasan sekitar wilayah tersebut.

Secara geografis, kawasan Asia Tenggara terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudra Pasifik dan India. Hal ini menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki batas-batas negara dengan:

  1. Batas sebelah barat: India dan Samudra Pasifik
  2. Batas sebelah timur: Papua Nugini dan Samudra Pasifik
  3. Batas sebelah utara: wilayah daratan Cina dan Laut Cina
  4. Batas sebelah selatan: Timor Leste dan Samudra Hindia.

Total luas wilayah daratan di Asia Tenggara berkisar 4.500.000 kilometer persegi. Sedangkan luas wilayah perairannya sekitar 5.060.100 kilometer persegi.

Indonesia merupakan negara dengan luas wilayah terbesar di Asia Tenggara. Sedangkan negara dengan luas wilayah terkecil di Asia Tenggara ialah Singapura.

Baca juga: Pengaruh Letak Astronomis ASEAN

Letak geologis Asia Tenggara

Letak geologis merupakan letak sebuah wilayah yang dilihat dari struktur serta komposisi batuan pembentuk bumi.

Secara geologis, kawasan Asia tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania yang berasal dari Himalaya, Arakan Yoma serta Kepulauan Banda.

Selain itu, kawasan Asia Tenggara juga dilalui Pegunungan Sirkum Pasifik yang berasal dari Amerika Serikat, Jepang dan Filipina.

Letak geologis ini menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung berapi aktif dan aktivitas kegempaan yang cukup tinggi. 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X