Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Lahirnya Musik Barat

Kompas.com - 18/01/2021, 16:52 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musik barat atau yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai western music adalah jenis musik yang paling populer di seluruh dunia.

Ketenaran musik barat tentunya tidak bisa dipisahkan dari sejarahnya. Mengutip dari situs Encyclopaedia Britannica, sejarah atau awal mula musik barat ternyata berawal dari zaman kuno.

Walau kini musik barat lebih dikenal karena Amerika Serikat dan Eropa, namun ternyata musik barat pertama kali ditemukan di Timur Tengah Kuno serta Mesir. Simak sejarahnya berikut ini!

Instruksi untuk memainkan sebuah lagu yang dipahat di atas tablet dari era Babylonia Kuno. Gambar diambil dari Journal of Cuneiform Studies Vol. 38, No. 1, Spring, 1986. Instruksi untuk memainkan sebuah lagu yang dipahat di atas tablet dari era Babylonia Kuno. Gambar diambil dari Journal of Cuneiform Studies Vol. 38, No. 1, Spring, 1986.
Musik keagamaan

Pada saat itu, penduduk Mesopotamia di sekitar Sungai Tigris dan Efrat, Sumerian, Babilonia, serta Asiria, diperkirakan hidup sejak 3500 hingga 5000 Sebelum Masehi (SM).

Para ahli memperkirakan jika peradaban musik barat sudah dimulai sejak saat itu. Hal ini semakin diperkuat dengan temuan berbagai alat musik. Contohnya alat musik yang dipukul, ditiup, dan dipetik.

Baca juga: Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Tidak hanya itu, sekitar 800 SM ditemukan pula lagu pujian yang diyakini sebagai bentuk sistem notasi musik primitif.

Pada 2000 SM, munculah budaya musik orang Ibrani yang kemudian direkam dan didokumentasikan dalam Alkitab Ibrani (Perjanjian Lama).

Ternyata kemunculan budaya musik baru ini sangat berdampak besar pada perkembangan musik barat. Alasannya karena musik barat diterapkan ke dalam musik liturgi Kristen.

Hal ini semakin diperkuat dengan temuan artefak bernama shofar atau terompet tanduk domba. Shofar sering digunakan untuk menyanyikan lagu Taurat (Pentateukh), doa, serta berbagai lagu pujian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com