Kompas.com - 31/12/2020, 17:30 WIB
kerajinan kain tenun Lombok Tengah Satriadi Ketua Asosiasi pengerajin tenun Lombok Tengahkerajinan kain tenun Lombok Tengah

KOMPAS.com - Teks eksplanasi bertujuan untuk menyampaikan kepada pembaca mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis. Mengandung pernyataan yang memiliki hubungan sebab-akibat.

Eksplanasi diserap dari bahasa Inggris ‘explanation’, yang berarti penjelasan. Menurut Mark and Katty Anderson dalam Text Types in English (2003) teks eksplanasi adalah bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa. Berikut contoh teks eksplanasi budaya:

Contoh 1

Kain Tenun Orang Timor

Orang Timor lekat dengan budaya kain tenun. Selain memiliki nilai budaya, kain tenun memiliki fungsi adat. Di Mollo, Timur Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur kain tenun dipakai dalam pesta pernikahan, seserahan, persembahan untuk penyelenggara pesta, atau prosesi kematian.

Di Mollo, perempuan penenun dapat menentukan dengan siapa mereka mau menikah. Pada beberapa kesempatan, kegiatan menenun juga jadi ajang mencari jodoh pada zaman dahulu, terutama di kecamatan Mollo.

Kain tenun sebenarnya ialah pakaian sehari-hari Orang Timor. Akibat perubahan zaman, kini kain tenun hanya dipakai pada acara resmi, pesta, atau upacara tradisi nenek moyang.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Bertema Sosial

Contoh 2

Penanggalan Jawa

Kalender Jawa terdiri atas tujuh hari, yang merupakan campuran antara kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa. Lima hari pasaran jawa yang dimaksud yaitu kliwon, legi, pahing, pon, dan wage.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X