Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Pengertian dan Sifat Gen

Kompas.com - 27/12/2020, 15:31 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kromosom adalah kumpulan gen yang disusun oleh rantai panjang DNA. Gen dalam kromosom berfungsi mengatur sifat fisik yang akan diekspresikan pada individu. 

Namun tahukah kamu apakah tempat yang duduki gen pada kromosom? bagaimana gen mengendalikan sifat fisik makhluk hidup? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah pembahasan ketiga soal berikut!

Soal dan pembahasan

1. Gen menempati ruang-ruang tertentu didalam kromosom. Ruang-ruang tersebut dinamakan…

Jawaban: Lokus atau kromomer

Dilansir dari National Human Genome Research Institute, suatu gen menempati ruang spesifik yang dinamakan dengan lokus atau kromomer.

Suatu kromosom tersusun atas gen yang sangat banyak, misalkan kromosom adalah suatu kota dan gen adalah suatu rumah, maka lokus adalah alamat tempat rumah gen tersebut berada.

Baca juga: Fase Pindah Silang antara Kromatid dari Kromosom Homolog

Dalam kromosom satu saja terkandung 2100 gen yang berbeda. Lokus menunjukkan secara spesifik area mana yang diduduki oleh suatu gen, sehingga setiap gen memiliki lokus yang berbeda.

2. Bagaimana cara gen mengendalikan sifat makhluk hidup?

Jawaban:

Gen terdiri atas rantai panjang DNA yang terbentuk dari susunan nukleotida yang berbeda-beda pada setiap individunya. Susunan nukleotida inilah yang akan mengarahkan pembentukan protein yang menjadi pembangun tubuh makhluk hidup.

DNA pada gen akan mengarahkan pembentukan protein yang sesuai dengan kode genetiknya. Jadi, gen mengontrol protein yang akan dibuat sesuai kode genetiknya dan protein akan mengekspresikan sifat yang dibawa gen pada makhluk hidupnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com