Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forms: Definition, Social Function, and Generic Structure

Kompas.com - 17/12/2020, 18:18 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com –Forms atau formulir sangat lekat dengan kehidupan kita karena dibutuhkan setiap kita mendaftar sesuatu. 

Formulir atau dalam bahasa Inggris disebut form sering kita temui saat mengisi data dalam mendaftar sesuatu atau hal lainnya yang membutuhkan data.

Biasanya kita akan diminta mengisi formulir saat mendaftar sekolah, kuliah, membuat KTP, berbelanja online, dan lain-lain.

Definition

Melansir Merriam-Webster, form is a printed or typed document with blank spaces for insertion of required or requested information.

Formulir ialah dokumen yang dicetak atau diketik dengan tempat kosong untuk penyisipan informasi yang diperlukan atau diminta.

Formulir biasanya diberikan pada kita untuk kemudian diisi dengan data yang benar dan dikembalikan kepada yang bertugas mengurus formulir.

Baca juga: Apa itu Application Letter?

Social function

Formulir mempunyai fungsi sosial. Dikutip dari Smartdraw, formulir, khususnya formulir aplikasi, digunakan untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan diperlukan dari pemohon.

Jadi, formulir sangat berguna jika kita mendaftar atau membuka akun atau sejenisnya yang memerlukan data diri kita. Jika tidak mengisi formulir, perusahaan atau pihak organisasi tidak akan bisa memproses permintaan atau aplikasi kita.

Generic structure

Formulir memang bukan teks yang berisi berita atau cerita, namun formulir juga mempunyai struktur. Strukturnya kurang lebih seperti berikut:

1. Heading (Kepala)

Bagian heading atau kepala biasanya merupakan judul dan nama lembaga atau organisasi yang memberikan formulir. Umumnya juga disertai alamat dan nomor telepon lembaga tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com