Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Enzim

Kompas.com - 09/12/2020, 21:32 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa enzim merupakan salah satu solusi untuk permasalahan dalam bidang pangan dan juga lingkungan? Enzim dapat mendaur ulang suatu plastik polimer dan sejenisnya. Enzim juga dapat digunakan dalam membantu proses pencernaan.

Namun, sebelum kamu mempelajari aplikasi enzim, alangkah baiknya untuk memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Berikut akan dirangkum beberapa pembahasan singkat mengenai fungsi, macam-macam dan juga virus yang berkaitan dengan enzim berikut!

Soal dan Pembahasan

1. Sebutkan macam-macam enzim pencernaan dan fungsinya!

Jawaban:

Dilansir dari Verywell Health, enzim pencernaan terdiri atas amilase, maltase, laktase, lipase, protease, dan sukrase, yang semuanya membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh.

  • Amilase

Amilase adalah enzim yang bertugas untuk memecah pati (karbohidrat) menjadi gula dalam bentuk maltosa. Amilase terdapat pada air ludah (saliva) dan juga pada pankreas.

  • Maltase

Enzim maltase berfungsi mengubah gula maltosa hasil enzim amilase menjadi glukosa dan dapat menyimpannya sebagai cadangan makanan dalam bentuk glikogen.

Baca juga: Webinar UNY: Enzim Dapat Diaplikasikan di Berbagai Bidang

  • Laktase

Laktase adalah enzim yang bertugas khusus untuk memecah laktosa yang hanya terdapat pada produk olahan susu. Oleh laktase, laktosa diubah menjadi glukosa dan galaktosa, sehingga dapat dicerna oleh tubuh.

  • Lipase

Lipase adalah enzim yang bertugas untuk memecah lemak dan minyak menjadi gliserol dan asam lemak. Enzim lipase terdapat di mulut, perut, dan juga terdapat di pankreas dalam jumlah besar.

  • Protease

Protease adalah enzim yang bertugas untuk memecah protein menjadi asam amino-asam amino pembentuknya. Protease terdiri dari tiga enzim utama yaitu pepsin, tripsin, dan kimotripsin.

Baca juga: Mahasiswa UB: Pakai Enzim Ini, Sampah Plastik Terurai Cepat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com