Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Pembangunan Ekonomi

Kompas.com - 08/12/2020, 14:39 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap negara pastinya menginginkan terciptanya kemakmuran. Kemakmuran dapat diperoleh salah satunya melalui kegiatan pembangunan ekonomi.

Agar pembangunan ekonomi berjalan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, maka setiap negara hendaknya membuat strategi pembangunan ekonomi terlebih dahulu.

Strategi pembangunan berfungsi untuk memilih faktor-faktor yang akan dijadikan faktor utama pada jalannya proses pembangunan.

Dilansir dari buku Kolaborasi Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang (2018) karya Muhammad Amsal Sahban, dijelaskan lima strategi baru dalam pembangunan ekonomi, yaitu:

  • Strategi pertumbuhan dengan distribusi

Para kaum tradisional beranggapan bahwa strategi pembangunan ekonomi haruslah berfokus pada pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Baca juga: Teori Pertumbuhan Ekonomi Walt W. Rostow

Strategi pertumbuhan dengan distribusi ini lahir akibat kegagalan pembangunan yang hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi saja tanpa diikuti distribusi pendapatan.

Pertumbuhan ekonomi yang tinggi tidak berarti apa-apa jika distribusi pendapatan dalam masyarakat timpang.

Singkatnya, strategi pertumbuhan dengan distribusi ini merupakan strategi pembangunan yang tidak hanya mengejar laju pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi tetapi juga memperhatikan distribusi pendapatan masyarakat.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk meminimalisasi kesenjangan antara golongan kaya dan miskin supaya tidak semakin timpang.

Penerapan strategi pembangunan ini dapat berupa kebijakan mencipatakan lapangan kerja, perhatian terhadap UMKM, investasi pada SDM, dan perhatian terhadap rakyat miskin.

Baca juga: Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Strategi kebutuhan pokok merupakan strategi pembangunan yang berlandaskan pada pemenuhan kebutuhan pokok. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan dasar minimum manusia yang meliputi pangan, papan, dan sandang.

Sebenarnya, kebutuhan pokok bisa diartikan lebih luas lagi, tidak hanya kebutuhan dasar minimum. Kebutuhan pokok yang lebih luas menyangkut tiga hal, yaitu kemampuan menyediakan kebutuhan dasar, kebutuhan untuk dihargai, dan kebebasan untuk memilih.

Strategi pembangunan kebutuhan pokok ini merupakan strategi pembangunan dengan menggunakan pendekatan ekonomi dan sosial.

  • Strategi pembangunan mandiri

Strategi pembangunan mandiri lahir sebagai pertentangan terhadap strategi dependensia, yaitu strategi pembangunan yang berorientasi pada negara donatur sebagai pemasok modal utama melalui utang luar negeri.

Strategi pembangunan dependensia sangat rentan menciptakan ketergantungan yang tinggi terhadap negara maju. Oleh sebab itulah, strategi pembangunan mandiri mucul sebagai perlawanan.

Baca juga: Masalah Pembangunan Ekonomi di Negara Berkembang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com