Modifikasi Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik

Kompas.com - 18/11/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi kerajinan anyaman khas Indonesia yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berlibur Dok. SHUTTERSTOCK/aiko_koniIlustrasi kerajinan anyaman khas Indonesia yang bisa dijadikan oleh-oleh saat berlibur

KOMPAS.com - Keberadaan limbah organik bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat dengan nilai jual tinggi. 

Untuk mengkreasikan limbah organik menjadi karya kerajinan perlu dilakukan modifikasi dengan menyederhanakan atau menggayakan bentuk produk kerajinan limbah.

Bahkan produk kerajinan dari limbah organik dapat dipadukan dengan berbagai bahan limbah lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modifikasi merupakan pengubahan. 

Baca juga: Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Organik

Dilansir dari Cambridge Dictionary, arti modifikasi adalah peru bahan pada sesuatu, biasanya untuk menjadi lebih baik (improvement).

Modifikasi pada produk kerajinan merupakan sebuah perubahan yang bisa menambah nilai dari suatu kerajinan limbah organi tersebut.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud), modifikasi adalah cara mengubah bentuk sebuah benda dari yang kurang menarik menjadi lebih menarik tanpa menghilangkan fungsi aslinya.

Dalam proses membuat kerajinan dari limbah organik, diperlukan beberapa tahap.  Berikut beberapa tahap:

Perencanaan

Pada tahap pertama adalah perencanaan yang didalamnya memuat:

  • Analisis kebutuhan

Analisis kebutuhan penting dilakukan karena menggunakan berbagai bahan yang akan dipadukan untuk membuat karya dari bahan limbah.

Baca juga: Seni Kriya sebagai Kerajinan Tangan 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X