Taktik dan Strategi dalam Pencak Silat

Kompas.com - 26/10/2020, 15:00 WIB
Atlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru), bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah), pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOAtlet pencak silat putri Indonesia, Wita Wewey (biru), bertanding melawan pesilat asal Vietnam, Tran Thi Them (merah), pada partai final kelas B putri 50 kg sampai 55 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

KOMPAS.com - Pencak silat merupakan olahraga asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman kuno. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pencak silat adalah seni bela diri Indonesia, yang mengutamakan ketangkasan, kepandaian serta penguasaan teknik saat berkelahi atau pertandingan.

Dikutip dari buku Keterampilan Dasar Pencak Silat (2017), karya I Ketut Sudiana dan Ni Luh Putu Sepyanawati, pencak silat merupakan salah satu hasil budaya masyarakat Indonesia, sebagai upaya membela serta mempertahankan diri atau eksistensinya, untuk meningkatkan ketakawaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bahkan oleh UNESCO, pencak silat dijadikan sebagai warisan budaya dunia tak benda. Dalam pencak silat terdapat kategori pertandingan dan seni ketika diperlombakan. 

Tentunya dalam pertandingan diperlukan taktik dan strategi yang harus dikuasai untuk memenangkan pertandingan. 

Baca juga: Teknik Dasar Pencak Silat

Strategi utama dalam pencak silat adalah strategi pertahanan dan serangan. Apa sajakah strategi pertahanan dan serangan dalam pencak silat?

Strategi pertahanan dalam pencak silat

Secara garis besar, stategi pertahanan dalam pencak silat biasanya dilakukan dengan menerapkan teknik elakan atau teknik hindaran.

Penguasaan dan penerapan teknik elakan atau hindaran bertujuan untuk menangkis serangan lawan.

Nurul Ihsan dalam bukunya yang berjudul Buku Ajar Pembelajaran Pencak Silat (2018), menyebutkan jika ada dua taktik bertahan dalam pencak silat, yaitu:

  • Bertahan pasif

Taktik ini dilakukan dengan menghindari serangan dan kemudian melakukan serangan kepada lawan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X