Mengenal Fluks Magnetik

Kompas.com - 20/10/2020, 21:32 WIB
Ilustrasi flux magnet yang mengenai suatu area. Lawrence Chiou, Dale Gray, July Thomas, dan Eli RossIlustrasi flux magnet yang mengenai suatu area.

KOMPAS.com - Apakah kalian mengetahui apa itu fluks magnetik? Konsep dasar dari fluks magnetik erat kaitannya dengan induksi elektromagnetik.

Dikutip dari A Level Demanding Learn by Example (2013), oleh Thomas Bond dan Chris Hughes, induksi elektromagnetik adalah proses di mana terjadinya proses induksi dalam suatu rangkaian akibat perubahan dalam hubungan fluks magnet di sekitar konduktor di rangkaian.

Induksi elektromagnetik terjadi akibat timbulnya beda potensial pada setiap ujung kawat penghantar jika terjadi perubahan jumlah garis gaya magnet yang dilingkupi oleh kumparan.

Beda potensial yang terjadi pada fenomena tersebut disebut sebagai gaya gerak listrik induksi ( ggl induksi).

Baca juga: NASA Selidik Anomali Medan Magnet Misterius di Bumi yang Makin Melemah

Salah satu kajian mengenai ggl induksi yaitu fluks magnetik yang akan kita bahas di bawah ini.

Konsep dasar mengenai fluks magnet pertama kali diilustrasikan bahwa terdapat medan magnet yang digambar dengan menggunakan garis-garis gaya.

Daerah yang memiliki medan magnet kuat digambarkan dengan garis gaya rapat. Daerah yang medan magnetnya kurang kuat digambarkan dengan garis gaya yang kurang rapat.

Daerah yang mempunyai kuat medan yang homogen digambarkan dengan garis-garis gaya yang sejajar. Garis gaya magnet digambarkan dari kutub utara magnet dan berakhir pada kutub selatan magnet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X