Kompas.com - 17/10/2020, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Resolusi adalah ukuran untuk menggambarkan ketajaman dan kejelasan citra (image) atau gambar (picture). Berikut ini penjelasan singkat apa itu resolusi:

Apa itu resolusi?

Melansir Techopedia, resolusi adalah istilah yang luas dan mungkin memiliki arti berbeda di berbagai bidang teknologi.

Dalam industri komputer dan media, resolusi mengacu pada resolusi tampilan dan jumlah elemen gambar (piksel atau titik) yang dapat ditampilkan secara horizontal dan vertikal oleh layar.

Resolusi dalam hal ini mengacu pada banyaknya piksel yang dapat dihasilkan layar secara horizontal (width/lebar) dan vertikal (height/tinggi). Ukuran ini juga berlaku untuk gambar digital.

Untuk audio, resolusi mengacu pada kedalaman bit rekaman digital, atau jumlah bit informasi yang disimpan dalam sampel. Istilah ini terkait langsung dengan kualitas rekaman.

Untuk printer, resolusi menunjuk ke titik per inci (Dots Per Inch atau DPI) dari bahan yang dihasilkan printer, yang juga menunjukkan seberapa kecil dan halusnya titik tersebut. Semakin tinggi DPI, semakin tajam hasil cetakannya.

Untuk gambar komputer, resolusi dijelaskan dalam piksel per inci (Pixel Per Inch atau PPI), yaitu nilai yang menentukan banyaknya piksel yang ditampilkan per inci dalam gambar tertentu. Berbeda dari resolusi layar, yang menentukan banyaknya piksel di layar.

Baca juga: Apa itu Bitmap?

Penggunaan istilah resolusi

Istilah resolusi di bidang komputer sering digunakan sebagai metrik untuk menilai kualitas monitor, printer, gambar digital, dan berbagai teknologi perangkat keras dan perangkat lunak lainnya.

Di media hiburan, resolusi untuk membedakan kualitas visual film, antara film High Definition (HD) dan Standard Definition (SD).

Istilah resolusi populer digunakan untuk menggambarkan kemampuan tampilan perangkat seluler. Serta untuk menentukan resolusi screen (layar), monitor, atau televisi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.