Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Bitmap?

Kompas.com - 03/10/2020, 11:00 WIB
Ashya Ravika Mahar Rhani ,
Arum Sutrisni Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.comBitmap adalah format file gambar berupa kumpulan bit yang digunakan untuk menyimpan gambar digital. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Apa itu Bitmap?

Istilah Bitmap disebut juga grafik raster atau gambar Bitmap. Format Bitmap disingkat dengan BMP. Fungsi bitmap digunakan untuk menyimpan file gambar.

Mengutip Encyclopaedia Britannica, Bitmap adalah metode yang digunakan untuk menentukan ruang tampilan (seperti file gambar grafik), termasuk warna setiap piksel (atau bit).

 

Melansir Techopedia, Bitmap (BMP) adalah format file gambar yang berfungsi untuk membuat dan menyimpan grafik komputer.

Baca juga: Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan Contohnya

Bitmap adalah gambar digital yang terdiri dari matriks titik. Artinya, dalam font bitmap, setiap karakter didefinisikan sebagai pola titik dalam bitmap.

Jadi, file bitmap menampilkan titik-titik kecil dalam pola yang, jika dilihat dari jauh, menghasilkan gambar secara keseluruhan.

Dalam gambar bitmap standar, setiap titik dapat diberi warna yang berbeda. Bersama-sama, titik-titik ini dapat digunakan untuk mewakili semua jenis gambar persegi panjang.

Gambar bitmap banyak digunakan pada kamera digital, smartphone dan online.

Contoh bitmap adalah GIF, JPEG, PNG, TIFF, XBM, BMP, dan PCX serta font bitmap (yaitu, layar).

Misal, saat GIF ditampilkan di monitor komputer, komputer membaca bitmap untuk menentukan warna mana yang akan digunakan untuk ditampilkan pada layar.

Baca juga: Peranan dan Manfaat TIK

Melansir Tech Terms, format BMP menyimpan data warna untuk setiap piksel pada gambar tanpa kompresi apapun.

Misal, gambar BMP 10x10 piksel akan menyertakan data warna untuk 100 piksel.

Metode penyimpanan informasi gambar ini memungkinkan grafik yang tajam dan berkualitas tinggi, serta menghasilkan ukuran file yang besar.

Format JPEG dan GIF juga termasuk bitmap, tetapi menggunakan algoritme kompresi gambar yang dapat mengurangi ukuran file secara signifikan.

Karena itu, gambar JPEG dan GIF digunakan di Web, sedangkan gambar BMP sering digunakan untuk gambar yang dapat dicetak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com