Pengertian Sistem Politik

Kompas.com - 15/08/2020, 19:00 WIB
Diskusi berjudul Jalan Pasti Sistem Politik dan Pemilu Indonesia, di kawasangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaDiskusi berjudul Jalan Pasti Sistem Politik dan Pemilu Indonesia, di kawasangan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Sistem politik merupakan interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembuatan dan kebijakan yang terkait dengan tujuan kebaikan bersama.

Setiap negara di dunia menganut sistem politik yang bermacam-macam sesuai dengan kesepakatan negara.

Dalam buku Sistem Politik Indonesia (2017) karya Andi Muh. Dzul Fadli, sistem politik merupakan konsep yang terbentuk dari kata "sistem" dan "politik".

Sistem dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terbentuk dari beberapa unsur (elemen). Kekuasaan otoritarif akan dapat bekerja secara efektif dalam suatu sistem disebut politik.

Maka sistem politik adalah salah satu sistem dari berbagai sistem yang ada di dalam masyarakat, seperti sistem sosial, ekonomi, budaya, dan hukum.

Baca juga: Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Tokoh yang pertama kali membahas mengenai sistem politik adalah David Easton.

Ia merupakan guru besar ilmu politik yang menganalisis kehidupan dan tingkah laku politik dengan menggunakan sistem.

Sistem politik menurut para ahli

Para ahli memberikan pandanganan mengenai pengertian sistem politik.

Berikut pandangan dari para ahli:

  • Gabriel Almond

Pengertian sistem politik menurut Gabriel Almond adalah sistem interaksi yang terdapat pada semua masyarakat merdeka yang menjalankan fungsi-fungsi integrasi dan adaptasi (baik di dalam masyarakatnya sendiri maupun menghadapi masyarakat lain) melalui penerapan atau ancaman penerapan daya paksa yang bersifat sah.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X