Carolus Linnaeus, Bapak Klasifikasi dan Taksonomi

Kompas.com - 14/08/2020, 18:00 WIB
Lukisan Carolus Linnaeus (Carl von Linne) oleh Alexander Roslin. KIDDLE/ENGLISH WIKIPEDIA/GREG LLukisan Carolus Linnaeus (Carl von Linne) oleh Alexander Roslin.

KOMPAS.com - Siapakah Bapak Klasifikasi makhluk hidup? Bapak Klasifikasi atau Taksonomi adalah Carolus Linnaeus dari Swedia. Carolus Linnaeus disebut Bapak Klasifikasi dan Bapak Taksonomi karena menciptakan sistem klasifikasi hierarkis dan Binomial Nomenklatur.

Carolus Linnaeus, Bapak Klasifikasi

Mengutip Encyclopaedia Britannica, Bapak Klasifikasi dunia adalah Carolus Linnaeus atau Carl Linnaeus atau Carl von Linne (Swedia). Ia lahir di Rashult, Smaland, Swedia pada 23 Mei 1707 dan meninggal di Uppsala pada 10 Januari 1778.

Carolus Linnaeus dikenal sebagai Bapak Taksonomi Modern sekaligus salah satu Bapak Ekologi Modern. Carolus Linnaeus adalah seorang ahli botani, ahli zoologi sekaligus dokter.

Pada 1735, Carolus Linnaeus menerbitkan edisi pertama Systema Naturae (The System of Nature), berupa pamflet kecil yang menjelaskan sistem klasifikasi alam yang baru. Dua kontribusi Carolus Linnaeus yang paling penting dalam Taksonomi adalah:

  1. Sistem klasifikasi hierarkis
  2. Sistem Binomial Nomenklatur

Baca juga: Kingdom Animalia: Klasifikasi dan Ciri-ciri

Berikut ini penjelasan singkatnya:

Sistem Klasifikasi Linnaean

Mengutip Study, taksonomi adalah ilmu yang fokus pada penamaan dan pengklasifikasian atau pengelompokan organisme. Klasifikasi makhluk hidup menjadi langkah penting untuk memahami keanekaragaman saat ini dan sejarah evolusi masa lalu kehidupan di Bumi.

Carolus Linnaeus dianggap sebagai Bapak Taksonomi karena pada 1700-an mengembangkan cara penamaan dan pengaturan spesies yang masih digunakan sampai sekarang.

Semua sistem klasifikasi modern berakar pada sistem klasifikasi Linnaean atau Linnaeus (Linnaean Classification System). Sistem pengelompokkan organisme ini berdasarkan ciri fisik yang jelas, contoh jumlah kaki atau bentuk daun.

Sistem klasifikasi Linnaean terdiri dari hierarki pengelompokan, yang disebut taksa (tunggal: takson). Terdapat 7 tingkatan klasifikasi oleh Carolus Linnaeus.

Baca juga: Kingdom Plantae: Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi

 

Berikut ini urutan takson (hierarki atau tingkatan) dari tinggi ke rendah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X