Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Permukaan Kertas untuk Melukis

Kompas.com - 05/08/2020, 15:52 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Seni lukis adalah salah satu induk dari seni rupa. Seni lukis sangat terkait dengan gambar.

Pada zaman dahulu, seni lukis dimaksudkan untuk tujuan mistis dan propaganda dengan menggambarkan keadaan alam.

Di Indonesia sendiri, dimulai dengan masuknya penjajagan Belanda di Indonesia. Saat ini, seni sudah masuk ke semua kalangan masyarakat termasuk anak sekolah.

Dalam buku Lukisan Langkah demi Langkah (2012) karya Richard Box, pendidikan seni bukan hanya untuk memperoleh ketrampilan dalam seni, namun juga membangun jiwa pribadi.

Baca juga: Unsur-unsur Seni Lukis

Dalam melukis tentu membutuhkan beberapa alat dan bahan, salah satunya yang paling penting adalah kertas. Kertas yang bagus untuk melukis adalah yang permukaannya bertekstur namun halus.

Terdapat beberapa jenis permukaan kertas untuk melukis yang disesuaikan dengan teknik melukis, sebagai berikut:

Permukaan kertas roughfreepik.com Permukaan kertas rough
Kertas cat air rough

Kertas car air rough digambarkan sebagai kertas yang terlihat bergerigi atau mmenonjol. Jenis kertas ini memiliki tekstur yang kasar dan bergelombang.

Sehingga membuat cat akan menjadi terpapar lebih dalam di atas permukaannya dengan hasil yang terlihat lebih kasar dan warna yang lebih tajam.

Kertas cat air hot pressed

Kertas ini merupaka jenis kertas yang memiliki permukaan terhalus. Dibandingkan dengan kertas rough, permukaan kertas hot pressed nyaris tidak bertekstur.

Baca juga: Macam-macam Aliran Seni Lukis

Hasilnya, cat air akan terlalu terbenam di dalam kertas dengan permukaan hot pressed dan akan mengering lebih cepat.

Kertas ini baik untuk ilustrasi, melukis cepat dan lukisan dengan pemakaian warna yang besar. Kertas ini juga merupakan kertas yang dipilih untuk karya yang menggunakan pensil bergaris.

Hal ini karena permukaan kertas yang halus sehingga tida akan menghalangi penggambar membuat sebuah garis lurus yang tajam dan panjang.

Permukaan cold pressedpaperstory.co.uk Permukaan cold pressed
Kertas cat air cold pressed

Kertas cold pressed memiliki permukaan yang tidak terlalu bergeriri, namun juga tidak terlalu halus. Kertas ini berada di tengah-tengah antara rough dan hot pressed.

Baca juga: Seni Lukis: Pengertian, Teknik dan Alat

Kertas ini dapat bekerja dengan baik untuk efek cat air tradisional seperti cat yang terlihat menggenang. Kertas cold pressed merupakan kertas yang paling awam digunakan oleh pelukis cat air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com