Unsur-unsur Seni Lukis

Kompas.com - 03/08/2020, 14:47 WIB
Para guru honorer merampungkan garapan melukis dinding TK Pertiwi Sulursari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (17/5/2020) pagi. Pekerjaan ini mereka lakoni untuk mendapatkan tambahan penghasilan di tengah situasi pandemi Covid-19. KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO NUGROHOPara guru honorer merampungkan garapan melukis dinding TK Pertiwi Sulursari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (17/5/2020) pagi. Pekerjaan ini mereka lakoni untuk mendapatkan tambahan penghasilan di tengah situasi pandemi Covid-19.

KOMPAS.com - Seni lukis merupakan karya seni yang dibuay dengan proses melukis. Karya seni lukis muncul sejak zaman praejarah. Hal ini dibuktikan dari temuan lukisa di dinding gua.

Temuan lukisan tersebut sebagai media ekspresi dan sekaligus media permohonan sehingga bentuk lukisan menyerupai simbol-simbol bermakna.

Dalam buku Seni Lukis, Kesenian, dan Seniman (2000) karya Sudjojono, seni lukis merupakan karya seni dua dimensi yang terbentuk dan tersusun dari unsur-unsur yang ada.

Terdapat dua unsur dalam seni lukis, yaitu:

Unsur visual

Dalam visual terdapat beberapa unsur melukis, sebagai berikut:

  • Titik

Titik adalah usnur dalam lukisan dan memiliki peran yang penting. Hampir semua lukisan dimulai dari titik. Teknik ini menjadi sangat vital pada sebuah lukisan.

Baca juga: Seni Kriya sebagai Kerajinan Tangan

  • Garis

Garis menjadui unsur selanjutnya, yang keberadaannya cukup penting. Garis menjadi unsur dasar yang selalu ada dalam lukisan. Dari garis-garis tersebut akan membentuk rupa lukisan.

Garis terbuat dari dua titik yang dihubungkan dan dimaksudkan untuk membentuk obyek dalam sebuah lukisan.

  • Bidang

Jika garis menjadi penghubung, maka gabungan garis akan membentuk sebuah bidang dalam lukisan. Unsur bidang biasanya digunakan ketika pelukis ingin melukis obyek tak hidup.

  • Ruang

Ruang adalah kumpulan beberapa bidang. Sebuah dimensi yang terdiri dari panjang, lebar, dan tinggi. Ilusi yang dibuat dengan pengelolaan garis dan bidang.

Baca juga: Seni Lukis: Pengertian, Teknik dan Alat

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X