Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Buah Persik Berbulu Halus?

Kompas.com - 01/08/2020, 12:46 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Buah persik atau peach merupakan buah yang sangat lezat, mirip seperti buah apel dan tentunya memiliki banyak manfaat.

Buah persik yang menyerupai apel ini memiliki warna daging yang lebih kuning. Bahkan tidak hanya sebagai santapan buah saja, melainkan juga sebagai tambahan masakan.

Tak seperti buah pada umumnya, ada keunikan sendiri mengenai buah persik, yaitu bulu halus yang menyelimuti seluruh permukannya.

Mengapa berbulu halus?

Dilansir dalam buku Mengapa Hidung Anjing Basah? (2006) karya David Feldman, ahli hortikultura di Michigan State University's College of Agriculture and Natural Science, D Kesner mengatakan bahwa bulu-bulu halus pada buah persik memiliki alasan tertentu.

Persik termasuk ke dalam famili Mawar (Rosaceae), genus Prunus, spesies persica. Bulu halus pada buah persik bersifat genetis.

Baca juga: Mete Itu Kacang atau Buah?

Bisa dikembangan secara selektif untuk memberikan pertahanan tambahan bagi buah persik terhadap serangga dan penyakit.

Meksi buah persik mengalami sejumlah penyakit dan kerusakan oleh serangga, buah tersebut akan bertahan lama dibandingkan buah nektar yang dikembangkan para pembiak tanaman.

Hal ini karena buah persik memiliki bulu halus sebagai pelindung, sedangkan buah nektar yang dikembangkan para pembiak dengan gen resesif tidak menghasilkan bulu.

Teori lain dari The California Cling Peach Advisory Board menambahkan bahwa bulu halus tersebut melindungi buah persik dari sengatan matahari.

Dengan adanya bulu-bulu halus pada buah pir membantu mengurangi kemungkinan hilangnya air dalam buah. Selain itu juga memmembantu mengumpulkan air hujan yang menyentuh buah persik.

Baca juga: Apakah Kapal Selam Memiliki Jangkar?

Buah persik yang memiliki bulu halus juga sebagai pembeda dengan buah nektarin. Nektarin jauh lebih rapuh daripada persik.

Buah nektarin lebih rawan terhadap jamur bintik cokelat dan cenderung lebih mudah memar saat dalam perjalanan (dibawa) daripada buah persik.

Ilustrasi buah persikshutterstock.com Ilustrasi buah persik
Manfaat buah persik

Berikut manfaat buah persik yang disadur dari Intisari, yaitu:

  • Baik untuk pencernaan

Buah persik mampu menyumbang 10 persen kebutuhan serat harian. Selain mencegah sembelit dan mendukung kesehatan pencernaan, serat persik baik untuk mengelola kadar gula rendah.

Persik mengandung prebiotik, yang memberi makan bakteri. Hal ini menguntungkan usus yang terikat dengan anti-peradangan, kekebalan, dan suasana hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com