Ada Apa dengan Palestina?

Kompas.com - 18/07/2020, 22:00 WIB
Kota Yerusalem, dianggap kota suci dan diperebutkan Palestina dan Israel. FREEPIK/DRAWNHY97Kota Yerusalem, dianggap kota suci dan diperebutkan Palestina dan Israel.

KOMPAS.com - Ada apa dengan Palestina? Mengapa Palestina dihapus dari maps? Apa penyebab konflik Palestina Israel? Mengapa Palestina sedang ramai diperbincangkan? Berikut ini penjelasan singkatnya:

Ada apa dengan Palestina?

Palestina sedang ramai dibicarakan masyarakat dunia karena tidak ada label nama Palestina melainkan Israel di wilayah yang seharusnya negara tersebut berada.

Perhatikan tangkapan layar dari Google Maps berikut ini:

Tangkapan layar dari Google Maps. Wilayah negara Palestina yang dianggap batas-batas yang disengketakan ditandai dengan garis abu-abu putus-putus.KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri Tangkapan layar dari Google Maps. Wilayah negara Palestina yang dianggap batas-batas yang disengketakan ditandai dengan garis abu-abu putus-putus.

Mengapa Palestina dihapus dari maps?

Peta dunia daring baik Google Maps dan Apple Maps tidak mencantumkan nama negara Palestina di wilayah itu melainkan negara Israel. Mengutip Independent, alasan tidak ada Palestina di peta adalah termasuk wilayah yang batas-batasnya masih disengketakan.

Sengketa wilayah terjadi antara Palestina dan Israel sehingga muncul konflik Palestina Israel yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

Di mana letak wilayah yang diperebutkan Palestina dan Israel?

Mengutip History, hingga 1948, Palestina mencakup wilayah geografis yang terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan. Tetapi wilayah itu diberi label Israel saat ini.

Secara teoritis, Palestina mencakup Tepi Barat atau West Bank (wilayah yang membagi Israel dan Yordania) dan Jalur Gaza (tanah yang berbatasan dengan Israel dan Mesir).

Apa penyebab konflik Palestina Israel?

Mengutip Vox, latar belakang konflik Palestina dan Israel adalah Palestina dan Israel ingin mendirikan negara di tanah atau wilayah yang sama. Orang Arab Palestina dan orang Yahudi Israel sama-sama menganggap Yerusalem sebagai kota suci masing-masing.

Baca juga: Mengapa Palestina dan Israel Berperang?

Mengapa Palestina dan Israel berperang?

Melansir Vox, alasan Palestina dan Israel perang terkait Zionisme orang Yahudi yang tersebar di seluruh dunia. Mereka ingin melarikan diri dari penganiayaan dan mendirikan negara sendiri di tanah yang dianggap sebagai tanah leluhur mereka.

Usai Perang Dunia I 1918, Liga Bangsa-bangsa memberi mandat Inggris untuk membantu mendirikan negara Israel bagi orang Yahudi di wilayah Palestina. Ratusan ribu orang Yahudi pindah ke Israel. Terjadi konflik antara Yahudi Israel dan Arab Palestina.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X