Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kompas.com - 07/07/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIK/COLORFUELSTUDIOIlustrasi.

KOMPAS.com - Ciri-ciri makhluk hidup adalah bernapas, memerlukan makanan dan minuman, bergerak, tumbuh dan berkembang, berkembang biak (reproduksi), mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Ciri-ciri makhluk hidup

Mengutip Kemdikbud RI, secara umum ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut:

  1. Bernapas;
  2. Memerlukan makanan dan minuman;
  3. Bergerak;
  4. Tumbuh dan berkembang;
  5. Berkembang biak (reproduksi);
  6. Peka terhadap rangsang;
  7. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Berikut ini penjelasannya:

Baca juga: Makhluk Hidup: Definisi, Ciri, dan Klasifikasinya

  • Bernapas;

Bernpas adalah menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbondioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup.

Kamu dapat merasaka kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Kamu akan merasakan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.

  • Memerlukan makanan dan minuman;

Untuk melakukan aktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.

  • Bergerak;

Kamu dapat berjalan, berlari, menggerakkan anggota badan bahkan berenang. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketika hal itu bekerja sama membentuk sistem gerak.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Kelelawar

  • Tumbuh dan berkembang;

Makhluk hidup akan mengalami tumbuh dan berkembang. Terlihat dari tinggi dan berat badan yang sekarang tidak sama dengan yang dulu. Tidak hanya manusia yang tumbuh dan berkembang tetapi hewan dan tumbuhan juga.

Contoh kupu-kupu bertelur, telur lalu menetas menjadi ulat, ulat lalu menjadi kepompong, kepomponh berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

  • Berkembang biak (reproduksi);

Reproduksi atau berkembang biak adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Tujuan berkembang biak adalah untuk melestarikan keturunan agar tidak punas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Kemdikbud
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X