Manusia sebagai Makhluk Ekonomi dan Cirinya

Kompas.com - 07/07/2020, 15:30 WIB
Suasana aktivitas jual beli di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (14/06). ANTARA FOTO/Indrianto Eko SuwarsoSuasana aktivitas jual beli di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (14/06).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Manusia tidak hanya sebagai makhluk sosial, tapi manusia juga sebagai makhluk ekonomi.

Sebagai makhluk ekonomi, manusia juga memiliki akal dan pikiran untuk menciptakan barang-barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan.

Sebagai makhluk ekonomi, manusia juga tidak dapat hidup tanpa melakukan kegiatan ekonomi, baik itu berupa produksi, konsumsi, atau distribusi.

Untuk memenuhi semua kebutuhan manusia butuh uang, maka harus bekerja. Dengan bekerja dan mendapatkan uang, uang itu kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam buku Ekonomi (2006) Jilid 1, manusia disebut sebagai makhluk ekonomi karena manusia selalu memikirkan upaya untuk memenuhi kebutuhannya sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi.

Manusia ekonomi bertindak untuk memenuhi kepentingannya. Kalau yang bersangkutan sebagai produsen atau pengusaha, maka akan berusaha keras untuk memperoleh laba sebesar-besarnya.

Baca juga: Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Cirinya

Kalau seorang konsumen, akan membelanjakan uang yang ada padanya untuk memperoleh kepuasan.

Berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi, sifat manusia yang cenderung berusaha memenuhi berbagai keinginan dan kepentingan pribadinya masing-masing adalah sifat normal.

Sifat itu dimiliki oleh setiap orang. Begitu juga keinginan untuk memperolah laba yang besar.

Faktor yang mempengaruhi

Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kebutuhan manusia yang satu dengan manusia yang lain tidak sama atau berbeda.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X