Perencanaan dan Komponen PLT Matahari

Kompas.com - 03/06/2020, 09:38 WIB
Salah satu traffict light di Jalan Diponegoro, Surabaya, menggunakan teknologi pembangkit listrik tenaga matahari atau solar cell. Dok. Pemkot SurabayaSalah satu traffict light di Jalan Diponegoro, Surabaya, menggunakan teknologi pembangkit listrik tenaga matahari atau solar cell.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Perencanaan yang matang diprlukan dalam Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Matahari. Karena penggunaan PLT Matahari tidak hanya untuk siang hari tapi juga malam hari.

Ketika penggunaan pada siang hari bisa menggunakan sinar matahari. Sementara ketika malam hari tidak memakai sinar matahari melainkan baterai untuk mensuplai.

Perencanaan

 

PLT Matahari sangat tergantung kepada sinar matahari. Maka perencanaan yang baik sangat diperlukan.

Perencanaannya tersebut meliputi:

  • Berapa jumlah energi atau kwh yang dibutuhkan dalam pembakaian sehari-hari.
  • Ada berapa besar energi yang dihasilkan solar panel untuk memperhitungkan berapa jumlah panel surya yang harus dipasang.
  • Perlu menambahkan baterai. Karena ada beberapa saat sinar matahari tidak tersedia, seperti malam hari.

Baterai tersebut berfungsi untuk membantu suplai kebutuhan dari beban. Baterai bisa diisi pada siang hari oleh kelebihan energi yang dihasilkan oleh solar panel.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik Di Rumah, Jawaban Soal TVRI 3 Juni 2020 SMP

Komponen PLT Matahari

Untuk instalasi listrik tenaga matahari sebagai pembangkit listrik diperlukan komponen sebagai berikut:

  • Solar panel

Solar panel dipakai untuk mengkonversikan tenaga matahari menjadi listrik. Solar sel yang disinari matahari membuat photon yang menghasilkan arus listrik.

Sebuah solar sel menghasilkan sekitar tegangan 0,5 volt. Sehingga sebuah panel surya 12 volt terdiri kurang lebih 36 sel untuk menghasilkan 17 volt tegangan maksimum.

Umumnya menghitung maksimum sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik sepanjang hari adalah 5 jam.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X