Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makna Hari Kebangkitan Nasional

Kompas.com - 20/05/2020, 18:45 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Makna Hari Kebangkitan Nasional adalah bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berikut ini penjelasan makna Hari Kebangkitan Nasional:

Makna Hari Kebangkitan Nasional

Makna Kebangkitan Nasional adalah bagaimana menerapkan semangat nasionalisme dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

Peringatan Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo dulu untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai pembangunan.

Baca juga: Dasar Penetapan Hari Kebangkitan Nasional

Mengutip Guru Figur Sentral dalam Pendidikan (2018) karya Agus Nurjaman, kebangkitan nasional memiliki makna atau arti penting yang sangat dalam bagi bangsa Indonesia.

Kebangkitan Nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk menggabungkan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

Makna kebangkitan adalah meningkatnya rasa persatuan menjadi lebih baik di wilayah NKRI ini.

Baca juga: Tokoh Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional merupakan cikal bakal persatuan seluruh pemuda di bumi nusantara yang bersumpah atas nama Indonesia.

Mereka mengaku bertanah air, berbangsa dan berbahasa satu yaitu Indonesia, dengan tidak membeda-bedakan suku, agama, ras dan budaya.

Kebangkitan nasional menunjukkan bahwa para pendiri bangsa Indonesia menjadikan keberagaman seabgai salah satu kekuatan negara kesatuan Indonesia.

Sehingga berbekal kesadaran persatuan dan kesatuan, mereka mampu mengusir penjajah dan mengantarkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Baca juga: Hari Kebangkitan Nasional, Bangkitnya Nasionalisme

Makna Hari Kebangkitan Nasional sebaiknya tidak dilihat sebagai ritual melakukan upacara rutin setiap tahun saja.

Melainkan setiap warga negara mampu membuktikan melalui karya yang bisa mengbangkitkan bangsa dari keterpurukan keadaan.

Seluruh elemen bangsa hendaknya mengisi kemerdekaan dengan mempererat persatuan dan kesatuan yang menjadi landasan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui makna Hari Kebangkitan Nasional, generasi penerus bangsa diharapkan dapat menangkap makna dan semangat kebangsaan yang telah dinyalakan oleh para pendahulu bangsa.

Sehingga generasi penerus bangsa dapat mengembangkan berbagai upaya untuk mengatasi tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini dan masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com