Kompas.com - Diperbarui 17/01/2022, 12:49 WIB

KOMPAS.com - Kemerdekaan Indonesia tentu tidak lepas dari tokoh pemuda yang terus bangkit untuk memperjuangkan Indonesia. Berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 menjadi awal kebangkitan nasional dari pemuda-pemuda Indonesia. 

Untuk terus mengenang pergerakan pemuda di Indonesia, setiap tanggal 20 Mei dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional

Kebangkitan Nasional menjadi tanda semangat nasionalisme bangsa Indonesia. Hal tersebut diinisasi oleh beberapa tokoh yang membangkitkan kesadaran bangsa Indonesia untuk bersatu melawan penjajah.

Tokoh-tokoh pelopor Kebangkitan Nasional 

Dilansir dari buku Pahlawan Indonesia (2007) karya Bima, berikut beberapa tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional, antara lain:

Dr Cipto Mangunkusumo

Cipto Mangunkusumo adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Bersama dengan dua temannya, Ernest Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Tiga Serangkai.

Dirinya merupakan salah satu tokoh dalam Indische Partij, suatu organisasi politik yang pertama kali mencetuskan ide pemerintahan sendiri di tangan penduduk setempat.

Cipto Mangunkusumo sudah aktif berorganisasi sejak mengenyam pendidikan di STOVIA. Dirinya rajin menyampaikan kritik dan pandangan mengenai Belanda di Indonesia.

Baca juga: Makna Kebangkitan Nasional bagi Kehidupan Saat Ini

Sutomo

Sutomo dikenal sebagai Dr. Sutomo, merupakan tokoh yang membangkitkan pemuda Indonesia untuk memperjuangkan Indonesia dari tangan penjajah.

Dr Sutomo juga sebagai sosok pendiri organisasi Budi Utomo yang menjadi tanda kebangkitan nasional di Indonesia.

Dirinya terus berjuang, keliling Indonesia untuk menanamkan rasa memiliki tanah air. Selain sebagai dokter, dirinya juga sangat aktif di organisasi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.