Kompas.com - 22/03/2020, 08:00 WIB
Pemberian vaksin masal pertama kali di New York shutterstock.comPemberian vaksin masal pertama kali di New York

KOMPAS.com - Vaksin cacar adalah vaksin pertama yang berhasil dikembangkan dan diperkenalkan oleh Edward Jenner pada 1796.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Jenner mengamati bahwa para pemerah susu yang sebelumnya terkena cacar sapi kemudian tidak terkena cacar air yang saat itu menjadi wabah di desanya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa cacar sapi yang diinokulasi dilindungi dari cacar yang diinokulasi.

Inokulasi merupakan kegiatan pemindahan mikroorganisme baik berupa bakteri maupun jamur dari tempat atau sumber asalnya ke medium baru.

Medium baru tersebut telah dibuat dengan tingkat ketelitian tinggi dan aseptis.

Cacar ini disebut juga variola mayor, penyakit menular akut yang dimulai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan sakit punggung.

Baca juga: Apa itu Vaksin?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gejala berlanjut pada timbulnya bintik-bintik pada kulit. Selama berabad-abad cacar menjadi salah satu wabah yang paling ditakuti di dunia. Kebanyakan menewaskan anak-anak.

Mereka yang selamat secara permanen akan kebal terhadap infeksi kedua, namun mengalami cacat seumur hidup seperti kebutaan.

Cacar ini menjadi penyakit pertama yang dikendalikan oleh vaksin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X