Sosok Christopher Latham Sholes, Bapak Mesin Ketik

Kompas.com - 07/03/2020, 17:00 WIB
Penemu Mesin Ketik, Christopher Latham Sholes britannica.comPenemu Mesin Ketik, Christopher Latham Sholes

KOMPAS.com - Christopher Latham Sholes disebut sebagai Father of the Typewriter. Lebih tepatnya, Sholes mengembangkan mesin komersial praktis pertama.

Sholes juga sosok yang mengembangkan keyboard Qwerty yang digunakan sampai saat ini.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, Sholes lahir pad 14 Februari 1819, di Mooresburg Pennsylvania. Ayah Sholes, Orrin bertugas dalam Perang 1812 dan diberi imbalan atas jasanya tanah di Pennsylvania.

Pada 1823, saat Sholes berusia empat tahun, ayahnya mengajak pindah ke Danville, Pennsylvania. Sholes dan ketiga saudaranya bekerja sebagai pencetak.

Pada usia 18 tahun, Sholes pergi ke Green Bay, Wisconsin untuk bekerja dengan saudaranya Henry dan Charles, penerbit Demokrat Wisconsin.

Dua tahun kemudian, Sholes pindah ke Madison sebagai editor.

Baca juga: Biografi Alexander Graham Bell, Penemu Telepon

Tahun berikutnya saat usai 21 tahun dan atas permintaan saudaranya, Sholes pindah ke Southport, Wisconsin dan mendirikan Southport Telegraph, sebuah surat kabar mingguan.

Southport adalah kota baru di garis pantai Danau Michigan di selatan Madison. Saat itu Sholes menjadi pemilik dan penerbit Telegraph.

Koran Sholes

Menetap di Southport, Sholes menikahi Mary Jane McKinney pada 1840. Dia dan keluarganya tinggal hingga 1857.

Sholes menerbitkan makalah dan terlibat politik. Hal ini sebagai salah satu wujud Sholes menentang hukuman mati dan perang, serta mendukung gerakan perkembangan hak-hak perempuan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X