Kompas.com - 03/03/2020, 18:30 WIB
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tertawa mendengar pantun yang diberikan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat pelantikan Jokowi-Maruf di Gedung DPR RI, Minggu (20/10/2019). Tangkapan layar siaran KOMPAS TVPrabowo Subianto dan Sandiaga Uno tertawa mendengar pantun yang diberikan Ketua MPR Bambang Soesatyo saat pelantikan Jokowi-Maruf di Gedung DPR RI, Minggu (20/10/2019).
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Pantun merupakan salah satu jenis sastra lisan yang berbentuk puisi.

Pantun dikenal di berbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda.

Bahasa Minang, pantun berasal dari kata patuntun "petuntun". Bahasa Jawa, pantun dikenal nama parikan dan dalam bahasa Sunda dikenal dengan paparikan.

Masyarakat Batak, pantun dikenal dengan sebutan umpama atau ende-ende, dan masyarakat Toraja menyebutnya dengan londe.

Orang Aceh dan Ambon juga mengenal pantun dan menyebutnya dengan panton, sementara orang Bengkulu menyebutnya dengan rejong.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bentuk puisi Indonesia, tiap bait biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b).

Tiap lirik biasanya terdiri dari empat kata. Baris pertama dan kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran), sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tandatangani Nota Kesepahaman, Menteri KKP dan Kapolri Berbalas Pantun

Struktur teks pantun

Dalam KBBI, struktur adalah susunan, bangunan, atau hal yang disusun berbedarkan pola tertentu.

Struktur yang berhubungan dengan organisme karangan adalah rangka organisasi karangan yang isinya memperlihatkan susunan dan hubungan setiap hal yang akan menjadi tema dan pembahasan karangan tersebut.

Struktur pantun, yakni:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X