Kompas.com - 23/02/2020, 09:00 WIB
Pemandangan wisata Batu Sindu di kawasan Tanjung Senubing, Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (16/2/2020). Tempat wisata ini menawarkan pemandangan batuan yang membentuk morfologi unik dan dikenal sebagai tor granit. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAPemandangan wisata Batu Sindu di kawasan Tanjung Senubing, Bunguran Timur, Natuna, Kepulauan Riau, Minggu (16/2/2020). Tempat wisata ini menawarkan pemandangan batuan yang membentuk morfologi unik dan dikenal sebagai tor granit.

KOMPAS.com - Secara administratif, Natuna terletak di antara 1° 16’ - 7° 19’LU dan 105° 00’ - 110°00’BT. Natuna memiliki 12 kecamatan di dalamnya.

Natuna menyimpan seribu kekayaan alam hingga potensi lautnya yang cukup melimpah. Maka tak heran jika wilayah ini menjadi sasaran untuk di perebutkan oleh berbagai negara.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Natuna menjadi pulau yang menarik orang-orang sejak dahulu.

Banyak dari pelayar yang menyambangi pulau ini untuk bertransaksi dalam perniagaan. Tak sedikit pula yang hanya berteduh saat badai melanda.

Natuna memiliki sebuah pantai di daerah Klarik yang menyimpan banyak artefak, khususnya wadah dari porselain atau keramik.

Baca juga: Sejarah Konflik Natuna dan Upaya Indonesia

Keramik yang ditemukan di pesisir pantai Teluk Butonkemdikbud.go.id Keramik yang ditemukan di pesisir pantai Teluk Buton
Sekitar laut Natuna relatif dangkal dan berkarang, sehingga banyak kapal muatan yang tenggelam.

Keramik ini sebagian besar berasal dari China daratan, mulai dari Masa Ching, Ming, Yuang, hingga Song.

Sejak zaman dahulu, pulau kecil ini ternyata sudah diperhatikan oleh pelaut Asia.

Keramik kuno tersebut banyak diburu. Sejak 1970-an banyak masyarakat yang mendatangi pantai tersebut.

Pantai tersebut kini menjadi salah satu Cagar Budaya yang kaya akan budaya bangsa.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.