Kompas.com - 15/02/2020, 11:00 WIB
Masjid Agung Demak. DEMAKKAB.GO.IDMasjid Agung Demak.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Keberadanaan para sunan atau disebut walisongo memiliki peran penting dalam penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa.

Dalam penyebaran Islam, mereka menggunakan berbagai cara, yakni kebudayaan, kesenian dan pendidikan.

Penyebaran Islam di Nusantara tidak lepas dari pengaruh pedagang dari berbagai negara, seperti Arab, Mesir, Persia (Iran), dan Gujarat (India).

Mereka selain datang untuk berdagang, juga menyebarkan agama Islam. Bahkan mereka melakukan perkawinan dengan wanita pribumi dan memiliki keturunan.

Itu membuat Islam berkembang dan menyebar diberbagai daerah di Nusantara, salah satunya tanah Jawa.

Peran walisongo

Michael Laffan, dalam buku Sejarah Islam di Nusantara (2015), para sunan di pesisir utara Jawa juga memiliki pengaruh di tempat lain di Nusantara dalam penyebaran Isla.

Tempat yang menjadi pusat-pusat perdagangan semakin mendekatkan berbagai kawasan Islam, termasuk bandar-bandar seperti Gowa (Makassar).

Dengan dukungan para sunan Giri, Gowa menjadi pengislam yang aktif baik terhadap para tetangga maupun pulau-pulai lain yang lebih jauh. Seperti Banda, Lombok, dan Sumbawa.

Di tanah Jawa, para wali menyebarkan di Islam diberbagai daerah di Jawa.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), walisongo diartikan sembilan wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.