Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Merdeka: Sejarah Tempat Kediaman Resmi Presiden

Kompas.com - 26/01/2020, 21:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Istana Merdeka merupakan tempat resmi kediaman dan kantor Presiden Indonesia. Istana Merdeka letaknya menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas) Jalan Merdeka Utara, Jakarta.

Istana Merdeka resmi menjadi kediaman presiden pada masa Presiden Soekarno. Usia Istana Merdeka sudah mencapai ratusan tahun sejak dibangun pada 1873 di masa pemerintah Hindia Belanda.

Tahukah kamu sejarah Istana Merdeka?

Baca juga: Masyarakat Boleh Mengunjungi Istana Merdeka, Ini Caranya...

Sejarah

Dikutip situs resmi Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg), awalnya bernama Istana Risjwijk yang dibangun pada 1796. Karena dianggap sempit dan kurang memenuhi syarat untuk kegiatan administrasi kenegaraan akhirnya membangun baru.

Istana Merdeka dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda masa pemerintahan Gubernur Jenderal Louden pada 1873. 

Selesai pada 1879 di masa pemerintahan Gubernur Jenderal Johan Willem van Landsbarge. Ini dibangun untuk meningkatkan kegiatan pemerintah Hindia Belanda.

Awalnya bangunan tersebut bernama Istana Gambir. Karena dulu disekitar istana banyak pohon gambir.

Pada masa kedudukan Jepang, istana tersebut dijadikan tempat kediaman resmi Saiko Shikika atau panglima tertinggi Jepang.

Pada memasuki awal pemerintah bangsa Indonesia, Istana Gambir menjadi saksi penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949.

Baca juga: Jokowi Bakal Sampaikan Pidato Perdana sebagai Presiden 2019-2024 di Istana Merdeka

Perwakilan bangsa Indonesia waktu itu Sri Sultan Hamengkubuwono IX, sedangkan Kerajaan Belanda diwakili oleh AHJ Lovink.

Penandatanganan ini disambut gembira oleh rakyat Indonesia yang mendengarkan lewat radio maupun yang berada di lokasi. Pada waktu yang bersamaanya juga bendera merah putih berkibar menggantikan bendera Belanda.

Lagu Indonesia Raya berkumandang. Teriakan merdeka beberapa kali terdengar  

Kemudian Presiden Soekarno memutuskan mengganti nama Istana Gambir menjadi Istana Merdeka.

Pada 1950, pertama kalinya Istana Merdeka dipakai untuk tempat peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus.

Jadi kediaman resmi presiden

Satu hari setelah penandatangan kedaulatan kemerdekaan Indonesia oleh Belanda. Pada 28 Desember 1949, Presiden Soekarno beserta keluarga mendiami Istana Merdeka untuk pertama kalinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com